PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH SISWA KELAS V SDN 010 TIBAN LAMA KEC. SEKUPANG KOTA BATAM

Khairaton, (2013) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH SISWA KELAS V SDN 010 TIBAN LAMA KEC. SEKUPANG KOTA BATAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013369PGMI.pdf

Download (535kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran merupakan inti proses pendidikan, oleh sebab itu upaya peningkatan kualitas pembelajaran harus fokus pada siswa, guru, materi ajar, metode, strategi dan pendekatan, media, sarana dan prasarana, biaya, dan lain sebagainya, kualitas hasil belajar siswa adalah tolak ukur keberhasilan pada proses pembelajaran. Sampai saat ini pembelajaran masih terpusat pada guru mengalami beberapa kelemahan, hal tersebut dapat dilihat saat berlangsungnya proses pembelajaran, interaksi aktif antara siswa dan guru atau sebaliknya jarang terjadi, akibatnya hasil belajar kurang memuaskan, untuk memperbaikinya perlu pendekatan pembelajaran yang lebih komprehensif dan salah satunya melalui model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Hal yang ingin dikupas dalam tulisan ini apakah model pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dapat meningkatkan minat belajar, subjeknya adalah guru dan siswa kelas V SDN 010, sementara objeknya adalah penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match pada mata pelajaran IPS yang dilakukan selama tiga siklus, dengan teknik pengumpulan data melalui lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa, dan tes, data yang terkumpul dianalisis melalui teknik deskriptif kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian yang dilakukan selama tiga siklus, menunjukan bahwa model pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Setelah tindakan melalui pembelajaran kooperatif tipe make a match, ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus pertama meningkat menjadi 55%, pada siklus kedua ketuntasan belajar siswa mencapai persentase 94,74%, dan pada siklus III mengalami peningkatan mencapai nilai persentase 100%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Nov 2016 12:56
Last Modified: 06 Nov 2016 12:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8763

Actions (login required)

View Item View Item