MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE INQUIRY PADA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH ISLAMIYAH TANJUNG BATU KUNDUR KABUPATEN KARIMUN

Ratmini, (2013) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE INQUIRY PADA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH ISLAMIYAH TANJUNG BATU KUNDUR KABUPATEN KARIMUN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013368PGMI.pdf

Download (391kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Class Action Research) yang bertujuan untuk mengetahui apakah melalui Metode Inquiry ada peningkatan motivasi belajar pada mata pelajaran matematika siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Tanjungbatu Kundur Kabupaten Karimun. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ditemuinya beberapa gejala atau fenomena dalam proses belajar mengajar yang menunjukan rendahnya motivasi belajar siswa. Rumusan masalah penelitian ini adalah” Bagaimana peningkatan motivasi belajar matematika pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Tanjungbatu Kundur Kabupaten Karimun melaui Metode Inquiry’’? Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah Guru dan siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Tanjungbatu Kundur Kabupaten Karimun, sedangkan yang menjadi objek adalah Metode Inquiry. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan 3) Observasi dan Refleksi. Kemudian data dalam penelitian ini diolah menggunakan rumus persentase yang dikemukakan oleh Anas Sudijono, yaitu: F P = x 100 % N - Berdasarkaan hasil penelitian, maka dapat diketahui terjadi peningkatan motivasi belajar siswa dimana sebelum diterapkan Metode Inquiry motivasi siswa memperoleh persentase rata-rata sebesar 46.6%. Namun setelah diterapkan motivasi belajar siswa meningkat pada siklus pertama menjadi 63.3%. Sedangkan pada siklus kedua motivasi siswa mencapai persentase rata-rata sebesar 79.4%. Dengan demikian menggunakan Metode Inquiry dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Tanjungbatu Kundur Kabupaten Karimun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Nov 2016 12:55
Last Modified: 06 Nov 2016 12:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8762

Actions (login required)

View Item View Item