MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA MATERI SUMBER DAYA ALAM MELALUI METODE PEMBELAJARAN IMPROVE SISWA KELAS IV SDN 017 SILAM KECAMATAN KUOK KABUPATEN KAMPAR

Siska Wulandari, (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA MATERI SUMBER DAYA ALAM MELALUI METODE PEMBELAJARAN IMPROVE SISWA KELAS IV SDN 017 SILAM KECAMATAN KUOK KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013869PGMI.pdf

Download (318kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas Berdasarkan hasil pengamatan di SDN 017 Silam Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar, ditemui beberapa gejala-gejala atau fenomena dalam proses belajar mengajar antara lain : Hanya sebahagian siswa (45%) dari seluruh siswa yang mencapai nilai ketuntasan kriteria minimal (KKM) yang ditetapkan di sekolah yaitu 65. Dari 22 siswa hanya 6 sampai 10 orang yang dapat mengerjakan soal dengan cepat dan benar. Hal ini terlihat apabila diberikan pertanyaan tentang sumber daya alam hanya sebagian siswa yang dapat menjawab dengan benar. Hanya 6 atau 7 orang siswa saja yang dapat menjawab pertanyaan guru ketika pembelajaran di kelas. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa maka pada penelitian ini digunakan metode pembelajaran Improve dalam pelajaran IPS kelas IV SDN 017 Silam Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui metode pembelajaran improve dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Materi Sumber Daya Alam Siswa Kelas IV SDN 017 Silam Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapantahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa terjadinya peningkatan hasil belajar siswa. Sebelum dilakukan tindakan rata-rata klesikal nilai siswa adalah 59,8%. Pada siklus hasil belajar siswa terjadi peningkatan dengan ratarata secara klasikal 66,8%. Sedangkan pada siklus II juga terjadi hasil belajar siswa dengan kategori baik dengan rata-rata klasikal 75,5%, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Improve dapat meningkatkan hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Materi Sumber Daya Alam Siswa Kelas IV SDN 017 Silam Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Nov 2016 12:53
Last Modified: 06 Nov 2016 12:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8760

Actions (login required)

View Item View Item