MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MEMINDAIKAMUSMELALUI TEKNIK CHART EKSPOSE MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD NEGERI001 AIR TIRIS KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Riska Afri Yanti, (2013) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MEMINDAIKAMUSMELALUI TEKNIK CHART EKSPOSE MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD NEGERI001 AIR TIRIS KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013365PGMI.pdf

Download (380kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan membaca memindai siswa dalam pelajaran Bahasa Indonesia hal ini ditunjukan dengan adanya gejala-gejala sebagai berikut: masih banyak siswa yang tidak mampu membaca dengan baik dan benar, kurangnya minat anak untuk membaca terutama membaca memindai, kemampuan membaca memindai para siswa kelas IV SD masih rendah, masih banyak siswa yang tidak dapat menemukan makna kata secara tepat yang ada didalam kamus nilai rata-rata Bahasa Indonesia di bawah 60. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan teknik chart ekspose dapat meningkatkan kemampuan membaca memindai siswa kelas IV SD Negeri 001 Air Tiris Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar? Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu guru berperan langsung. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 001 Air Tiris Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar yang berjumlah 36 orang dan objek dalam penelitian ini adalah teknik chart ekspose untuk meningkatkan kemampuan membaca memindai siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Adapun tempat penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dikelas IV SD Negeri 001 Air Tiris Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang di lalui dalam penelitian tindakan kelas yaitu :1) perencanaan/persiapan 2) pelaksanaan tindakan 3) observasi dan refleksi. Berhasilnya pengguna chart ekspose pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, karena teknik ini memberikan suatu peran aktif terhadap siswa sebelum dan sesudah membaca. Teknik ini juga membantu siswa dalam mencari informasi yang baru dari apa yang di bacanya. Berdasarkan hasil penyajian, rata-rata kemampuan membaca memindai siswa pada pertemuan sebelum tindakan adalah 60.13%. siklus I 70.88%. dari data tersebut terjadi peningkatan kemampuan membaca memindai dengan menggunakan teknik chart ekspose pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri 001 Air Tiris Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Nov 2016 12:52
Last Modified: 06 Nov 2016 12:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8758

Actions (login required)

View Item View Item