MENINGKATKAN MINAT BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI STRATEGI BERBELANJA SISWA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTAHUDDIN RUMBAI PEKANBARU

Amelia, (2013) MENINGKATKAN MINAT BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI STRATEGI BERBELANJA SISWA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTAHUDDIN RUMBAI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013865PGMI.pdf

Download (282kB) | Preview

Abstract

Masalah yang ditemukan pada awal penelitian adalah kurangnya minat belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi berbelanja yang dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial dikelas III Madrasah Ibtidaiyah Miftahuddin Rumbai Pekanbaru. Permasalahan yang dikaji pada penelitian ini adalah bagaimana penggunaan strategi berbelanjadalam meningkatkan minat belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas III Madarasah Ibtidaiyah Rumbai Pekanbaru. Prosedur yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun tahapan-tahapan yang dilalui dalam PTK yaitu : 1) perencanaan / pelaksanaan tindakan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi, 4) refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Miftahuddin Rumbai Pekanbaru pada tahun ajaran 2012 /2013 dengan jumlah siswa 32 orang, yaitu 19 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Sedangkan objek penelitian ini adalah strategi berbelanja yang akan diterapkan pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Madrasah Ibtidaiyah Miftahuddin Rumbai Pekanbaru. Instumen penelitian berupa lembar observasi yang digunakan untuk mengamati aktivitas guru, siswa dan minat belajar siswa dalam proses pembelajaran. Analisis data minat belajar siswa sebelum tindakan , diperoleh ketuntasan individual dari 32 siswa hanya 34,9 % siswa yang berminat dalam belajardan 65,1 % belum berminat dalam belajar. setelah dilakukan tindakan (siklus I) maka 45,3 % siswa yang berminat dan 54,7 5 masih belum berminat dalm belajar, sedangkan pada siklus II diperoleh angka 70,8 % siswa berminat dalam belajar dan 29,9 siswa yang belum berminat. Bedasarkan analisis data tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa terjadi peningkatan minat belajar siswa melalui strategi berbelanja pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial dikelas III Madrasah Ibtidaiyah MiftahuddinRumbai Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Nov 2016 12:51
Last Modified: 06 Nov 2016 12:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8756

Actions (login required)

View Item View Item