PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GRAFIS TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS V SDN 024 TARAI BANGUN KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

Suratmi, (2013) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GRAFIS TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS V SDN 024 TARAI BANGUN KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013357PGMI.pdf

Download (561kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu penggunaan media grafis (variabel bebas/independen atau variabel X) dan minat belajar siswa (variabel terikat/dependen atau variabel Y). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh antara penggunaan media grafis terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V di SDN 024 Tarai Bangun Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar, sedangkan rumusan masalahnya adalah apakah ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan media grafis terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V di SDN 024 Tarai Bangun Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN 024 Tarai Bangun Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar, sedangkan objeknya adalah penggunaan media grafis dan minat belajar siswa. Populasinya adalah 215 orang siswa , karena banyaknya jumlah populasi maka penulis mengambil sampel 40% dari jumlah populasi dengan teknik Stratified Random Sampling. Pengumpulan data diambil melalui angket dan dokumentasi. Data yang terkumpul sesuai dengan jenis penelitian ini yaitu penelitian Korelasi, yang kedua variabelnya bersifat ordinal, maka data dianalisis dengan teknik Korelasi Koefisien Kontingensi, dengan menggunakan rumus: C = 2 2 + Setelah melakukan penelitian, penulis mendapat kesimpulan akhir bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan media grafis terhadap minat belajar siswa di SDN 024 Tarai Bangun Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Dari hasil analisa statistic dengan menggunakan Korelasi Koefisien Kontingensi pada penggunaan media grafis dan minat belajar siswa diperoleh harga phi lebih besar “r” tabel daripada taraf signifikan 5% maupun 1%, yaitu 0,217< 0,287 > 0,283. Artinya, semakin baik guru menggunakan media grafis, maka akan semakin tinggi pula minat belajar siswa dalam mengikuti pelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Nov 2016 12:51
Last Modified: 06 Nov 2016 12:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8755

Actions (login required)

View Item View Item