PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V DI SDN 002 MUARA JALAI KECAMATAN KAMPAR UTARA KABUPATEN KAMPAR

Nopi Sabatini, (2013) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V DI SDN 002 MUARA JALAI KECAMATAN KAMPAR UTARA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013862PGMI.pdf

Download (650kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas V SDN 002 Muara Jalai Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar tahun ajaran 2012/2013. Gejalanya dapat terlihat dari rendahnya hasil belajar siswa dari beragam pokok bahasan pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas V di SDN 002 Muara Jalai Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menerapkan strategi pembelajaran inkuiri dengan menggunakan media grafis untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas V Sekolah Dasar Negeri 002 Muara Jalai Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 002 Muara Jalai Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar pada tahun ajaran 2012/2013, yang terdiri dari 14 orang siswa. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar observasi guru, lembar observasi siswa, LKS, latihan, dan ulangan. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam setelah penerapan strategi pembelajaran inkuiri dengan menggunakan media grafis. Dimana hasil belajar siswa sebelum tindakan hanya mencapai rata-rata 57,86 dan ketuntasan klasikal 35,71% . Pada siklus I diperoleh rata-rata sebesar 64,64 dan ketuntasan klasikal sebesar 57,14%. Sedangkan pada siklus II diperoleh rata-rata 76,79 dan ketuntasan klasikal 78,57%. Data ini menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran inkuiri dengan menggunakan media grafis dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas V SDN 002 Muara Jalai Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Nov 2016 12:48
Last Modified: 06 Nov 2016 12:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8752

Actions (login required)

View Item View Item