Zubaidah .R (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV C SD NEGERI 005 PERAWANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2013_2013351PGMI.pdf Download (348kB) | Preview |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui menerapkan model pembelajaran langsug dan media visual. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV C SD Negeri 005 Perawang kecamatan Tualang tahun ajaran 2011 / 2012 dengan jumlah siswa 40 orang yang terdiri dari 16 orang laki – laki dan 24 orang perempuan. Pelaksanaan penelitian ini terdiri atas dua siklus, setiap siklus terdiri atas tahapan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, dan refleksi. Data yang terkumpul berupa hasil belajar siswa dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif, sedangkan data berupa aktivitas siswa dan guru yang dikumpulkan menggunakan lembar observasi dianalisis secara kualitatif. Hasil analisis data tersebut adalah sebagai berikut: (1) Persentase hasil belajar matematika setelah dianalisis pada siklus I yaitu dari 40 siswa yang mencapai ketuntasan 30 siswa dengan persentase ketuntasan kelas 75%. (2) Persentase hasil belajar matematika setelah dianalisis pada siklus II yaitu dari 40 siswa 36 siswa yang mencapai ketuntasan dengan persentase ketuntasan kelas 90,%. (3) Aktivitas siswa yang bersifat positif seperti mendengarkan penjelasan guru, bertanya, menjawab atau menanggapi pertanyaan, menulis materi penting, bekerjasama dalam kelompok, membaca buku paket atau materi, mengalami peningkatan persentase dari setiap siklus. Aktivitas yang bersifat negatif seperti belajar pelajaran lain, mengganggu teman, dan keluar masuk kelas, mengalami penurunan persentase dari setiap siklus. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa menerapkan model pembelajaran langsung dengan media visual hasil belajar matematika siswa kelas IVC sd Negeri 005 Perawang, dari nilai rata-rata 75,60 menjadi 87,65.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 06 Nov 2016 12:47 |
Last Modified: | 06 Nov 2016 12:47 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8751 |
Actions (login required)
View Item |