PENERAPAN TEKNIK ROUND TABLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 008 AIR PUTIH KECAMATAN LUBUK BATU JAYA KABUPATEN INDRAGIRI HULU

Mutati’ah, (2013) PENERAPAN TEKNIK ROUND TABLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 008 AIR PUTIH KECAMATAN LUBUK BATU JAYA KABUPATEN INDRAGIRI HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013807PGMI.pdf

Download (435kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengatahuan Alam di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 008 Air Putih Kecamatan Lubuk Batu Jaya Kabupaten Indragiri Hulu. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimanakah penerapan teknik round table untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengatahuan Alam di Sekolah Dasar Negeri 008 Air Putih kecamatan Lubuk Batu Jaya Kabupaten Indragiri Hulu. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 008 Air Putih Kecamatan Lubuk Batu Jaya Kabupaten Indragiri Hulu tahun pelajaran 2012-2013 dengan jumlah siswa sebanyak 23 orang yang terbagi atas 5 orang siswa laki-laki dan 18 orang siswa perempuan. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan teknik round table untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I dan siklus II. sebelum dilakukan tindakan, hanya 11 orang atau 47,83% siswa yang nilainya mencapai KKM yang telah ditetapkan yaitu 65, untuk rata-rata mencapai 59,78 dengan kategori �gRendah�h karena berada pada rentang 55-59. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I siswa yang memperoleh nilai . 65 meningkat hingga 13 orang atau 56,52%, untuk nilai ratarata kelas mencapai 63,5 dengan kategori �gCukup�h karena berada pada rentang 60-75. Sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa lebih meningkat hingga mencapai 18 orang atau 78,26% siswa yang memperoleh nilai . 65, untuk nilai rata-rata kelas mencapai 78,69 dengan kategori �gTinggi�h karena berada pada rentang 76-85. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan penerapan teknik round table dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengatahuan Alam kelas IV Sekolah Dasar Negeri 008 Air Putih Kecamatan Lubuk Batu Jaya Kabupaten Indragiri Hulu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Nov 2016 12:45
Last Modified: 06 Nov 2016 12:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8749

Actions (login required)

View Item View Item