PENERAPAN STRATEGI BERTUKAR PASANGAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS DI KELAS IV SDN 003 MUARA UWAI KECAMATAN BANGKINANG SEBERANG KABUPATEN KAMPAR

Nelly Zuherni, (2013) PENERAPAN STRATEGI BERTUKAR PASANGAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS DI KELAS IV SDN 003 MUARA UWAI KECAMATAN BANGKINANG SEBERANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013798PGMI.pdf

Download (511kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Class Action Researc). Berdasarkan hasil pengamatan di SDN 003 Muara Uwai ditemui beberapa gejalagejala atau fenomena dalam proses belajar mengajar, yang menunjukkan kurangnya motivasi belajar siswa, dari 18 siswa hanya sebanyak 10 orang siswa saja yang fokus dalam memperhatikan guru menjelaskan materi pelajaran yang diajarkan. Sebanyak 9 orang siswa main-main dalam belajar dan sering melakukan hal-hal yang tidak berhubungan dengan proses pembelajaran sains seperti mengganggu teman yang duduk disebelahnya. Berdasarkan latarbelakang masalah yang dipaparkan, maka dapat dirumuskan masalah penelitian ini adalah: Bagaimanakah penerapan strategi bertukar pasangan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sains di kelas IV SDN 003 Muara Uwai Kecamatan Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar .adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 003 Muara Uwai Kecamatan Bangkinang Seberang kabupaten Kampar tahun pelajaran 2012-2013 dengan jumlah siswa sebanyak 18 orang, laki-laki berjumlah 9 orang dan perempuan berjumlah 9 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi bertukar pasangan untuk meningkatkan motivasi belajar sains siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus empat kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan atau persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi 4) Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa terjadinya peningkatan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran sains. Selanjutnya penelitian pada data awal menunjukkan bahwa hasil belajar sebelum dilakukan tindakan dengan jumlah 81 rata-rata 50%, setelah dilakukan tindakan perbaikan ternyata motivasi belajar siswa meningkat yaitu pada siklus I dengan jumlah 123 rata-rata 75,9%, kemudian pada siklus II juga terjadi peningkatan dengan jumlah 141 rata-rata 87,1% artinya secara klasikal atau secara keseluruhan motivasi belajar terjadi peningkatan yang berada pada kategori tinggi. Dengan ini dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar sains di SDN 003 Muara Uwai Kecamatan Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar telah meningkat mencapai 141 atau 87,1%. Kata kunci : Motivasi belajar dan strategi bertukar pasangan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Nov 2016 12:43
Last Modified: 06 Nov 2016 12:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8748

Actions (login required)

View Item View Item