PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE QUESTION STUDENT HAVE (QSH) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 165 PEKANBARU

Inggrid Purdiani, (2013) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE QUESTION STUDENT HAVE (QSH) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 165 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013776PGMI.pdf

Download (407kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilatarbelakangi oleh masih ditemukan rendahnya nilai harian siswa atau hasil tes siswa kurang memuaskan yaitu 60,46 dengan kategori kurang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Question Student Have (QSH) pada pokok bahasan IPA di kelas V SD Negeri 165 Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 165 Pekanbaru tahun pelajaran 2011-2012 yang berjumlah 35 orang, yang terdiri dari 20 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan. Sedangkan objek penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 165 Pekanbaru khususnya pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Negeri 165 Pekanbaru pada semester ganjil tahun pelajaran 2012-2013. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan seperti disampaikan pada bab IV dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran QSH dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi tumbuhan hijau V SDN 165 Pekanbaru. Hasil belajar siswa sebelum tindakan dengan rata-rata sebesar 60,46% dengan kategori kurang, kemudian pada siklus I mendapatkan rata-rata 67,79% juga dengan kategori cukup dan pada siklus II mendapatkan rata-rata kelas 71,98% dengan ketegori baik. Dengan begitu teori ini dapat dikatakan berhasil. Aktivitas guru pada siklus I pertemuan 1 sebesar 60% dengan kategori cukup, pada pertemuan 2 sebesar 68% dengan kategori cukup dan siklus II pertemuan 1 sebesar 75% dengan kategori baik dan pertemuan 2 sebesar 100% dengan kategori “Baik sekali” berdasarkan hasil tersebut terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II. Aktivitas siswa siklus I pertemuan 1 sebesar 66% dengan kategori cukup, pada pertemuan 2 sebesar 74% dengan kategori “baik”, siklus II pertemuan 1 sebesar 78% dengan kategori baik dan pada pertemuan 2 sebesar 85% dengan kategori “Baik”. Kata kunci: Question Student Have (QSH), hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Nov 2016 12:42
Last Modified: 06 Nov 2016 12:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8746

Actions (login required)

View Item View Item