Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI PROGRAM QIRA'ATUL KUTUB DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN QIRA’AH SISWA KELAS IX MTS AL MUNAWWARAH PEKANBARU

SALSABILA AULIA, - (2025) IMPLEMENTASI PROGRAM QIRA'ATUL KUTUB DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN QIRA’AH SISWA KELAS IX MTS AL MUNAWWARAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SALSABILA AULIA (1) (TANPA BAB IV).pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI SALSABILA AULIA (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (663kB)

Abstract

Keterampilan membaca (maharah qira’ah) merupakan salah satu keterampilan dasar dalam pembelajaran bahasa Arab, terutama dalam memahami teks-teks keagamaan. Untuk meningkatkan kemampuan ini, MTs Al Munawwarah Pekanbaru telah mengimplementasikan program Qira’atul Kutub sejak tahun 2018. Namun, masih ditemukan beberapa kendala dalam penerapan program tersebut, seperti variasi kemampuan siswa dalam membaca dan memahami teks Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi program Qira’atul Kutub, serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Qira’atul Kutub memiliki keunggulan dalam membangun kemampuan membaca siswa melalui sistem kelas khusus PDF dengan pendekatan bertahap. Metode talaqqi, musyafahah, dan pemetaan makna terbukti efektif dalam membantu siswa memahami teks Arab tanpa harakat. Selain itu, ujian akhir dan wisuda menjadi faktor motivasi bagi siswa untuk lebih serius dalam belajar. Faktor pendukung program ini meliputi dukungan dari pihak sekolah, ketersediaan tenaga pengajar yang kompeten, serta pendekatan pembelajaran yang sistematis. Sementara itu, faktor penghambatnya adalah keterbatasan waktu pembelajaran dan perbedaan tingkat pemahaman siswa. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan jumlah sesi pembelajaran serta pengembangan metode pengajaran yang lebih interaktif guna meningkatkan efektivitas program

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNELLY YUSRA, -2031017201nellyyusra1@gmail.com
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 24 Mar 2025 03:29
Last Modified: 24 Mar 2025 03:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/87416

Actions (login required)

View Item View Item