PENERAPAN MULTIMEDIA LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SDN 002 KUANTAN HILIR KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

Febrita Ela Fatu Mulai Alta, (2013) PENERAPAN MULTIMEDIA LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SDN 002 KUANTAN HILIR KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013773PGMI.pdf

Download (408kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Diantaranya 1) dari 21 orang siswa, 6 siswa atau sekitar 28,6% siswa yang menguasai materi pelajaran IPA yang diajarkan guru, 2) siswa tidak mampu menjawab umpan balik yang diberikan oleh guru, hal ini terlihat 60% siswa tidak memahami materi. Berdasarkan permasalahan tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan multimedia learning pada mata pelajaran IPA kelas IV Sekolah Dasar Negeri 002 Kuantan Hilir. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 002 Kuantan Hilir tahun pelajaran 2013-2014 dengan jumlah siswa sebanyak 21 orang, laki-laki berjumlah 9 orang dan perempuan berjumlah 12 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA kelas IV Sekolah Dasar Negeri 002 Kuantan Hilir dengan penerapan pembelajaran multimedia learning. Tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) perencanaan/persiapan tindakan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi, 4) refleksi. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini memelui tes hasil belajar, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data melalui aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa hasil belajar siswa sebelum tindakan sebesar 61,9% atau 13 orang yang tuntas. Pada siklus I aktivitas guru memperoleh skor 20 (sempurna) dan aktivitas siswa 75 (tinggi), dan hasi belajar siswa mencapai 71,4%. Melalui perbaikan siklus II aktivitas guru meningkat dengan skor 23 (sangat sempurna), aktivitas siswa 87 (Tinggi) dan hasil belajar siswa mencapai 85,7% keadaan ini menunjukan bahwa proses pembelajaran IPA dikatakan meningkat dengan menggunakan pembelajaran multimedia learning. Kata kunci: Hasil belajar dan pembelajaran multimedia learning

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Nov 2016 12:37
Last Modified: 06 Nov 2016 12:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8741

Actions (login required)

View Item View Item