Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN SELF-REGULATED LEARNING DAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN KEPERCAYAAN DIRI MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU

ANISA FITRI, - (2025) HUBUNGAN SELF-REGULATED LEARNING DAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN KEPERCAYAAN DIRI MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Anisa Fitri (2025) : Hubungan Self-Regulated Learning dan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Kepercayaan Diri Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara self-regulated learning dengan kepercayaan diri pada mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, menganalisis hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan kepercayaan diri pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau serta menganalisis hubungan antara self-regulated learning dan dukungan sosial teman sebaya secara simultan dengan kepercayaan diri pada mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Self-regulated learning didefinisikan sebagai kemampuan aktif mahasiswa dalam mengatur proses pembelajaran melalui aspek metakognitif, motivasional, dan perilaku. Dukungan sosial teman sebaya merujuk pada kenyamanan fisik dan psikologis yang dirasakan individu dari kelompok sebayanya. Data dikumpulkan melalui kuesioner dari mahasiswa Universitas Islam Negeri Suska Riau dan dianalisis menggunakan uji korelasi Product Moment, korelasi Kendall Tau-b dan uji Konkordansi Kendall W. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Ada hubungan positif yang signifikan antara self-regulated learning dengan kepercayaan diri, (2) Ada hubungan positif yang signifikan antara dukungan sosial teman sebaya dengan kepercayaan diri, dan (3) Ada hubungan positif yang signifikan antara self-regulated learning dan dukungan sosial teman sebaya secara simultan dengan kepercayaan diri. Temuan ini mengindikasikan bahwa peningkatan self-regulated learning dan dukungan sosial teman sebaya berkorelasi dengan peningkatan kepercayaan diri mahasiswa. Kata Kunci: Self Regulated Learning, Dukungan Sosial Teman Sebaya, Kepercayaan Diri, Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Item Type: Thesis (Thesis)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSALMAINI YELI, -2001066901salmaini.yeli@uin-suska.ac.id
Thesis advisorTOHIRIN, -2012086701tohirin@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 20 Mar 2025 02:09
Last Modified: 20 Mar 2025 02:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/87406

Actions (login required)

View Item View Item