ANISA FITRI, - (2025) HUBUNGAN SELF-REGULATED LEARNING DAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN KEPERCAYAAN DIRI MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf Download (7MB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK Anisa Fitri (2025) : Hubungan Self-Regulated Learning dan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Kepercayaan Diri Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara self-regulated learning dengan kepercayaan diri pada mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, menganalisis hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan kepercayaan diri pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau serta menganalisis hubungan antara self-regulated learning dan dukungan sosial teman sebaya secara simultan dengan kepercayaan diri pada mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Self-regulated learning didefinisikan sebagai kemampuan aktif mahasiswa dalam mengatur proses pembelajaran melalui aspek metakognitif, motivasional, dan perilaku. Dukungan sosial teman sebaya merujuk pada kenyamanan fisik dan psikologis yang dirasakan individu dari kelompok sebayanya. Data dikumpulkan melalui kuesioner dari mahasiswa Universitas Islam Negeri Suska Riau dan dianalisis menggunakan uji korelasi Product Moment, korelasi Kendall Tau-b dan uji Konkordansi Kendall W. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Ada hubungan positif yang signifikan antara self-regulated learning dengan kepercayaan diri, (2) Ada hubungan positif yang signifikan antara dukungan sosial teman sebaya dengan kepercayaan diri, dan (3) Ada hubungan positif yang signifikan antara self-regulated learning dan dukungan sosial teman sebaya secara simultan dengan kepercayaan diri. Temuan ini mengindikasikan bahwa peningkatan self-regulated learning dan dukungan sosial teman sebaya berkorelasi dengan peningkatan kepercayaan diri mahasiswa. Kata Kunci: Self Regulated Learning, Dukungan Sosial Teman Sebaya, Kepercayaan Diri, Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||||||
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | pps - | ||||||||||||
Date Deposited: | 20 Mar 2025 02:09 | ||||||||||||
Last Modified: | 20 Mar 2025 02:09 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/87406 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |