NADHILA MASTURA, - (2025) PENGARUH PENERIMAAN DUKUNGAN SOSIAL GURU DAN SELF EFFICACY TERHADAP STUDENT ENGAGEMENT PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 KAMPAR. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf Download (27MB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (27MB) |
Abstract
ABSTRAK Nadhila Mastura (2025) : Pengaruh Penerimaan Dukungan Sosial Guru dan Self Efficacy Terhadap Student Engagement Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kampar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan student engagement. Hal ini dapat dilihat dari fenomena-fenomena yang terjadi seperti siswa yang hanya datang, duduk, dan diam tanpa ikut terlibat dalam proses pembelajaran, siswa tidak menunjukkan sikap semangat serta antusias dalam belajar melainkan hanya terlihat bosan dan selalu keluar masuk kelas, siswa terlihat tidak fokus ketika proses pembelajaran berlangsung sehingga keterlibatannya dikelas kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerimaan dukungan sosial guru dan self efficacy terhadap student engagement pada mata pelajaran fiqih di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kampar. Jenis penelitian korelasi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kampar yang berjumlah 213 siswa. Teknik sampel yang digunakan adalah teknik simple random sampling dengan menggunakan rumus slovin sehingga jumlah sampel adalah 139 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa : 1) Terdapat pengaruh penerimaan dukungan sosial guru terhadap student engagement pada mata pelajaran fiqih di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kampar yang bernilai positif dan signifikan. Melalui uji t parsial diperoleh t hitung sebesar 8,157 dan signifikansinya 0,000 < 0,05. Kontribusi yang diberikan adalah sebesar 20,1%. 2) Terdapat pengaruh self efficacy terhadap student engagement pada mata pelajaran fiqih di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kampar yang bernilai positif dan signifikan. Melalui uji t parsial diperoleh t hitung sebesar 12,040 dan signifikansinya 0,000 < 0,05. Kontribusi yang diberikan adalah sebesar 42,45%. 3) Terdapat pengaruh penerimaan dukungan sosial guru dan self efficacy secara simultan terhadap student engagement pada mata pelajaran fiqih di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kampar yang bernilai positif dan signifikan. Melalui uji f simultan diperoleh f hitung sebesar 107,754 dan signifikansinya 0,000 < 0,05. Kontribusi yang diberikan kedua variabel terhadap student engagement yakni sebesar 61,3% selebihnya 38,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Kata Kunci : Penerimaan Dukungan Sosial Guru, Self Efficacy, Student Engagement
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | pps - |
Date Deposited: | 20 Mar 2025 02:03 |
Last Modified: | 20 Mar 2025 02:03 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/87403 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |