Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KOMUNIKASI INOVASI LAYANAN SURAT MENYURAT MELALUI APLIKASI SRIKANDI PADA DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN BENGKALIS

SYAIBATUL HAMDI, - (2025) KOMUNIKASI INOVASI LAYANAN SURAT MENYURAT MELALUI APLIKASI SRIKANDI PADA DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN BENGKALIS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELTIIAN 9BAB V).pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB V).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

SYAIBATUL HAMDI(2025) : KOMUNIKASI INOVASI LAYANAN SURAT MENYURAT MELALUI APLIKASI SRIKANDI PADA DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN BENGKALIS Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Bengkalis berkomitmen untuk memaksimalkan sistem pemerintahan berbasis digital. Dengan menggagas sebuah inovasi baru dibidang surat-menyurat melalui Aplikasi Srikandi (Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi). Riset ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana komunikasi inovasi surat-menyurat melalui Aplikasi Srikandi yang dilakukan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearispan Kabupaten Bengkalis. Riset ini menggunakan desain metode penelitian kualitatif dengan analisis melalui empat elemen penting menurut Everett M Rogers yaitu inovasi, saluran komunikasi, waktu, dan sistem social. Teknik Pengumpulan datanya menggunakan wawancara secara langsung, observasi dan dokumentasi. Temuan dalam riset ini menunjukkan bahwa Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bengkalis melakukan komunikasi inovasi Aplikasi Srikandi kepada seluruh elemen pemerintahan dengan mengganti sistem surat-menyurat sebelumnya dari surat berbentuk fisik ke surat digital. Selanjutnya, meningkatkan pelayanan dalam urusan kearsipan, dan mempercepat pengiriman surat jarak jauh dengan hanya beberapa saat saja. Saluran komunikasi yang digunakan menggunakan website resmi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bengkalis, media sosial, webinar dan juga komunikasi interpersonal. Proses perencanaan hingga launching aplikasi Srikandi memakan waktu 1 tahun, sedangkan proses komunikasi inovasinya dari tahun 2020 dan terus berlanjut sampai tahun 2022. Selama periode ini pengguna aktif aplikasi Srikandi ini melibatkan Seluruh Instansi kepemerintahan yang ada di Kabupaten Bengkalis, dari tiap tiap dinas hingga kecamatan yang ada di Kabupaten Bengkalis. Kata Kunci: Komunikasi Inovasi, Layanan Surat-Menyurat, Aplikasi Srikandi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorJulis Suriani, -2022079101Julis-Suriani@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 20 Mar 2025 01:04
Last Modified: 20 Mar 2025 01:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/87400

Actions (login required)

View Item View Item