PENERAPAN STRATEGI POINT COUNTER POINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MATERI KENAMPAKKAN ALAM DAN BUATAN DI INDONESIA PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 012 SENAMA NENEK KECAMATAN TAPUNG HULU KABUPATEN KAMPAR

Nur Aliza, (2013) PENERAPAN STRATEGI POINT COUNTER POINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MATERI KENAMPAKKAN ALAM DAN BUATAN DI INDONESIA PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 012 SENAMA NENEK KECAMATAN TAPUNG HULU KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013772PGMI.pdf

Download (370kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana penerapan Strategi Point Counter Point dalam meningkatkan hasil belajar IPS materi Kenampakkan Alam dan Buatan di Indonesia pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 012 Senama Nenek Kecamatan Tapung Hulu Kabupaten Kampar, dirumuskan masalah pada penelitian ini adalah apakah penerapan Strategi Point Counter Point dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi Kenampakkan Alam dan Buatan di Indonesia pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 012 Senama Nenek Kecamatan Tapung Hulu Kabupaten Kampar? Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 012 Senama Nenek Kecamatan Tapung Hulu Kabupaten Kampar yang berjumlah 23 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan Strategi Point Counter Point untuk meningkatkan hasil belajar IPS. Variabel dalam penelitian ini yaitu: 1) penerapan Strategi Point Counter Point, dan hasil belajar IPS. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, dan teknik tes. Berhasilnya penerapan Strategi Point Counter Point pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, diketahui adanya peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan ketuntasan siswa hanya mencapai 52,17% atau 12 orang siswa yang tuntas, pada siklus I siswa yang tuntas meningkat menjadi 14 orang atau ketuntasan hanya mencapai 60,87%. Pada siklus II ternyata ketuntasan siswa mencapai 21 orang siswa atau dengan persentase 91,30%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan penerapan Strategi Point Counter Point dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi Kenampakkan Alam dan Buatan di Indonesia pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 012 Senama Nenek Kecamatan Tapung Hulu Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Nov 2016 12:35
Last Modified: 06 Nov 2016 12:35
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8740

Actions (login required)

View Item View Item