Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MATERI PELAJARAN KEBUTUHAN PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU TERHADAP KESADARAN SISWA DALAM MENGUTAMAKAN KEBUTUHAN PADA SISWA KELAS IX SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 8 PEKANBARU

Suci Hermayanti (2011) PENGARUH MATERI PELAJARAN KEBUTUHAN PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU TERHADAP KESADARAN SISWA DALAM MENGUTAMAKAN KEBUTUHAN PADA SISWA KELAS IX SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 8 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011809.pdf

Download (645kB) | Preview

Abstract

Belajar merupakan suatu proses yang sangat kompleks, karena dalam proses tersebut siswa tidak hanya menerima dan menyerap materi pelajaran yang disampaikan guru, tetapi siswa dapat menerapkan dalam kehidupannya sehari hari. Dari penerapan tersebut siswa dapat menghasilkan perubahan yang bertahap dalam dirinya, baik dalam bidang pengetahuan, keterampilan, maupun sikapnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan materi pelajaran kebutuhan pada mata pelajaran IPS terpadu terhadap kesadaran siswa dalam mengutamakan kebutuhan pada siswa kelas IX SMP Negeri 8 Pekanbaru. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu variabel X (materi pelajaran kebutuhan) dan variabel Y (kesadaran siswa). Populasi dalam penelitian ini tidak adalah seluruh siswa kelas IX (IX1, IX2, IX3, IX4, IX5, IX6, IX7, IX8, IX9, IX10) SMP Negeri 8 Pekanbaru yang berjumlah 360 orang. Dalam penelitian ini ditarik sampel sebanyak 50 orang. Untuk mengumpulkan data, penulis menggunakan teknik angket, dokumentasi dan wawancara. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik regresi linier dengan metode kuadrat terkecil dan product moment. Untuk menganalisisnya penulis menggunakan bantuan program SPSS (Statistical Program Society Science) versi 16.0. Berdasarkan penyajian dan analisis data, diketahui bahwa tingkat pengaruh antara materi pelajaran kebutuhan terhadap kesadaran siswa mengutamakan kebutuhan adalah sebesar 0,411 X 100% = 41,1% selebihnya ditentukan oleh variabel lain. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh materi pelajaran kebutuhan pada mata pelajaran IPS terpadu terhadap kesadaran siswa dalam mengutamakan kebutuhan pada siswa kelas IX Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Pekanbaru. Hal ini diketahui dari diterimanya Ha.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 14 Jan 2016 03:24
Last Modified: 14 Jan 2016 03:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/874

Actions (login required)

View Item View Item