Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PT. PLATABOGAINDONESIA DALAM MEMPERTAHANKANLOYALITAS PELANGGAN

MUHAMMAD IRFAN, - (2025) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PT. PLATABOGAINDONESIA DALAM MEMPERTAHANKANLOYALITAS PELANGGAN. Skripsi thesis, UNIVERITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB V.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (557kB)

Abstract

Industri roastery cof ee berkembang pesat seiring meningkatnya konsumsi kopi di Indonesia, memicu persaingan ketat antar pelaku usaha. PT. Plata BogaIndonesia, sebagai penyedia bahan baku kopi, menghadapi tantangan dalammempertahankan pelanggan, terutama pemilik cof ee shop dan pelaku bisnisminuman berbasis kopi. Untuk itu, strategi komunikasi pemasaran menjadi kunci dalam membangun hubungan jangka panjang dan membedakan diri di pasar. Penelitian ini menganalisis strategi komunikasi pemasaran PT. Plata BogaIndonesia dalam mempertahankan loyalitas pelanggan di industri roastery cof ee. Dengan persaingan yang ketat, perusahaan menerapkan berbagai strategi pemasaran untuk meningkatkan kepuasan dan keterlibatan pelanggan. Metodepenelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan wawancaramendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkanbahwa PT. Plata Boga Indonesia menerapkan lima strategi utama: (1) Iklan(advertising) melalui media digital dan cetak untuk meningkatkan brandawareness, (2) Penjualan tatap muka (personal selling) dengan pendekatankonsultatif, (3) Promosi penjualan (sales promotion) berupa diskon volume danprogram loyalitas, (4) Hubungan masyarakat (public relations) melalui CSRdanevent edukatif, serta (5) Pemasaran langsung (direct marketing) menggunakanWhatsApp Business dan CRM. Strategi dominan adalah pemasaran langsungdanpersonal selling karena memberikan interaksi lebih personal. Perusahaandisarankan mengembangkan inovasi digital guna meningkatkan daya saing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorArtis, -2007066801-
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 19 Mar 2025 07:32
Last Modified: 19 Mar 2025 07:32
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/87396

Actions (login required)

View Item View Item