Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SDN 181PEKANBARU

FAUZIAH DAMRIS, - (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SDN 181PEKANBARU. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL - FAUZIAH DAMRIS (TANPA BAB IV).pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI FULL - FAUZIAH DAMRIS (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (666kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran matematika kelas V SD Negeri 181 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran think pair share terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas V SD Negeri 181 Pekanbaru. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperiment dengan desain nonequevalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Negeri 181 Pekanbaru tahun pelajaran 2024/2025 yang berjumah 50 orang. Sampel penelitian ini dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan teknik tes dan observasi. Instrument yang digunakan berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematika berbentuk essai. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan analisis statistic inferensial dengan teknik uji-t. Hasil analisis data, menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa kelas V yang dibelajarkan dengan model pembelajaran think pair share dengan rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa kelas V yang dibelajarkan dengan model pembelajaran ekspositori. Diperoleh nilai thitung sebesar 5,704. Dan nilai ttabel sebesar 2,188 dengan taraf signifikan 5% dan df = 48 dengan demikian maka thitung > ttabel. Berdasarkan temuan penelitian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran think pair share berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V di SD Negeri 181 Pekanbaru

Item Type: Thesis (Thesis)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMimi Hariyani, -2013058501mimi-PGMI@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 19 Mar 2025 06:32
Last Modified: 19 Mar 2025 06:32
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/87395

Actions (login required)

View Item View Item