Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS V SD NEGERI 181 PEKANBARU

DINI WAHIDAH, - (2025) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS V SD NEGERI 181 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DINI WAHIDAH PDF (TANPA BAB IV).pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI DINI WAHIDAH PDF (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran IPAS di kelas V SD Negeri 181 Pekanbaru melalui penerapan strategi pembelajaran the power of two. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas, dengan subjek yang terdiri dari 1 orang guru dan 28 orang siswa. Objek penelitian ini adalah strategi pembelajaran the power of two dan kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, di mana setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, digunakan analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa sebelum tindakan masih rendah, 11% dari siswa pada kategori baik, 32% dari siswa pada kategori cukup baik, dan 57% dari siswa pada kategori kurang. Setelah penerapan strategi pembelajaran the power of two pada siklus I, terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa, dimana 4% dari siswa berada pada kategori sangat baik, 14% dari siswa pada kategori baik, 43% dari siswa pada kategori cukup baik, dan 39% dari siswa pada kategori kurang. Pada siklus II, kemampuan pemecahan masalah siswa kembali meningkat, dengan 32% dari siswa berada pada kategori sangat baik, 14% dari siswa pada kategori baik, 36% dari siswa pada kategori cukup baik, dan 18% dari siswa pada kategori kurang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran the power of two dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas V pada mata pelajaran IPAS di SD Negeri 181 Pekanbaru

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSubhan, -201710701201710701subhan.alhazmi73@gmail.com
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 19 Mar 2025 04:02
Last Modified: 19 Mar 2025 04:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/87387

Actions (login required)

View Item View Item