KHARISMA MAHDEINI, - (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V MI AULIA CENDEKIA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf Download (3MB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (521kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran matematika kelas V MI Aulia Cendekia Pekanbaru melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Penelitian ini merupakan peneitian tindakan kelas yang subjeknya 1 orang guru dan 26 siswa sementara objeknya adalah model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian ini dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Hal ini dapat diketahui dari grafik peningkatannya, dimana sebelum tindakan perbaikan dilakukan, kemampuan pemecahan masalah siswa pada indikator pertama 19% siswa yang mampu, indikator kedua 27% siswa yang mampu, indikator ketiga 23% siswa yang mampu, dan indikator keempat 19% siswa yang mampu. Pada siklus 1, kemampuan pemecahan masalah siswa pada masing-masing indikator meningkat, indikator pertama 62% siswa yang mampu, indikator kedua 54% siswa yang mampu, indikator ketiga 81% siswa yang mampu, dan indikator keempat 31% siswa yang mampu. Pada siklus 2, kemampuan pemecahan siswa sudah mencapai target keberhasilan yaitu 80%, pada indikator pertama 100% siswa yang mampu, indikator kedua 88% siswa yang mampu, indikator ketiga 85% siswa yang mampu, dan indikator keempat 85% siswa yang mampu. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran matematika kelas V MI Aulia Cendekia Pekanbaru.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 19 Mar 2025 04:10 | ||||||||
Last Modified: | 19 Mar 2025 04:10 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/87383 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |