MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DALAM OPERASI HITUNG CAMPURAN PADA BILANGAN BULAT DENGAN STRATEGI UNIT TEACHING SISWA MI.S NUR IKHLAS KECAMATAN TUALANG KABUPATEN SIAK

Umi Khairi, (2013) MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DALAM OPERASI HITUNG CAMPURAN PADA BILANGAN BULAT DENGAN STRATEGI UNIT TEACHING SISWA MI.S NUR IKHLAS KECAMATAN TUALANG KABUPATEN SIAK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013339PGMI.pdf

Download (453kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan aktivitas belajar matematika siswa kelas IVC Madrasah Ibtidaiyah Nur Ikhlas Tualang Kabupaten Siak setelah diterapkan strategi Unit Teaching. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Dengan peningkatan aktivitas belajar matematika siswa kelas IVC Madrasah Ibtidaiyah Nur Ikhlas Tualang pada pokok bahasan opersi hitung campuran dengan penerapan strategi Unit Teaching ?”. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu guru berperan langsung dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVC Madrasah Ibtidaiyah Nur Ikhlas Tualang yang berjumlah 20 orang dan objek dalam penelitian ini adalah strategi Unit Teaching untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi belajar matematika, yang dilakukan setiap kali pertemuan. Data yang diperoleh melalui observasi merupakan data ordinal. Untuk mengetahui apakah ada peningkatan aktivitas belajar siswa dapat dilihat dari hasil persiklus dalam proses pembelajaran tanpa tindakan dan melalui penerapan strategi Unit Teaching. Berdasarkan hasil penelitian, indikator keberhasilan 60%, rata-rata pada pertemuan tanpa tindakan adalah 22,6 % , siklus I adalah 30,8 % ,siklus II adalah 46,5% dan siklus III adalah 60,0 %. Dari data tersebut terjadi peningkatan aktivitas belajar matematika siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nur Ikhlas Tualang Kabupaten Siak melalui penerapan strategi Unit Teaching.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Nov 2016 12:36
Last Modified: 06 Nov 2016 12:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8738

Actions (login required)

View Item View Item