Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS II SDN 028 RIMBO PANJANG KABUPATEN KAMPAR

HELGA YULIDIA PUTRI, - (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS II SDN 028 RIMBO PANJANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI HELGA YULIDIA PUTRI FIX (TANPA BAB IV).pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI HELGA YULIDIA PUTRI FIX (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan membaca permulaan siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas II SDN 028 Rimbo Panjang melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang subjeknya adalah 1 orang guru dan 32 siswa. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran scramble dan keterampilan membaca permulaan siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 Siklus, dan pada setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa model pembelajaran scramble dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa. Hal dapat diketahui sebelum tindakan keterampilan membaca permulaan diperoleh 37,50% atau berada pada kategori tidak baik. Pada siklus I keterampilan membaca permulaan mencapai 68,36% dengan kategori cukup baik. Pada siklus II keterampilan membaca permulaan meningkat menjadi 90,42% dengan kategori baik sekali, artinya keterampilan membaca permulaan sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe scramble dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas II SDN 028 Rimbo Panjang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorLailatul Munawwaroh, -2006069402lailatul.munawwaroh@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 17 Mar 2025 03:21
Last Modified: 17 Mar 2025 03:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/87371

Actions (login required)

View Item View Item