Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI DAN MASYARAKAT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS IV SD ISLAM AS-SHOFA KOTA PEKANBARU

SUCI KHOIRANI, - (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI DAN MASYARAKAT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS IV SD ISLAM AS-SHOFA KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
skripsi full suci khoirani S. Pd (1) (TANPA BAB IV).pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
skripsi full suci khoirani S. Pd (1) (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas IV SD Islam As-Shofa Kota Pekanbaru melalui penerapan model Pembelajaran Sains Teknologi dan Masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Islam As-Shofa tahun ajaran 2024/2025. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Sains Teknologi dan Masyarakat dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Sebelum tindakan, hasil observasi keterampilan proses sains siswa hanya mencapai 45,6% dengan kategori kurang sekali. Pada siklus I, hasil observasi keterampilan proses sains meningkat menjadi 67,16% dengan kategori cukup, dan pada siklus II meningkat lebih lanjut menjadi 85,08% dengan kategori baik. Peningkatan ini juga didukung oleh peningkatan aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran. Aktivitas guru meningkat dari 57% pada siklus I menjadi 90% pada siklus II dengan kategori baik sekali. Aktivitas siswa juga meningkat dari 55% pada siklus I menjadi 81,24% pada siklus II dengan kategori baik. Peneliti merekomendasikan penggunaan model pembelajaran ini sebagai alternatif untuk pembelajaran yang sifatnya memadukan konsep dengan percobaan-percobaan ilmiah, seperti mata pelajaran IPAS di tingkat SD. Selain itu, guru disarankan untuk meminimalkan kelemahan model pembelajaran ini dengan mengoptimalkan pengaturan waktu percobaan dengan baik. Peneliti selanjutnya disarankan untuk mengembangkan model pembelajaran ini dengan meningkatkan aspek-aspek yang lain pada proses belajar mengajar. Dengan demikian, disimpulkan bahwa penerapan model Pembelajaran Sai

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSusiba, -2019107602susiba@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 17 Mar 2025 03:37
Last Modified: 17 Mar 2025 03:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/87370

Actions (login required)

View Item View Item