MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MATERI KERAJAAN HINDU, BUDHA DAN ISLAM DI INDONESIA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRI TRAINING SISWA KELAS V SD NEGERI 050 KAMPUNG PANJANG KECAMATAN KAMPAR UTARA

Ismawati, (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MATERI KERAJAAN HINDU, BUDHA DAN ISLAM DI INDONESIA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRI TRAINING SISWA KELAS V SD NEGERI 050 KAMPUNG PANJANG KECAMATAN KAMPAR UTARA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013770PGMI.pdf

Download (309kB) | Preview

Abstract

Memperhatikan kenyataan rendahnya hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa Kelas V SD Negeri 050 Kampung Panjang Kecamatan Kampar Utara. Maka penulis merasa perlu melakukan perbaikan pembelajaran dengan melakukan penelitian dengan penerapan Strategi Pembelajaran Inquiri Training. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial dengan penerapan strategi Inquiri Training siswa Kelas V SD Negeri 050 Kampung Panjang Kecamatan Kampar Utara Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Negeri 050 Kampung Panjang Kecamatan Kampar Utara, Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar observasi aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran berlangsung dan tes hasil belajar siswa yang dilakukan setiap menyelesaikan penelitian satu siklus pada materi pelajaran yang telah dipelajari. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan melalui 2 siklus, pada siklus I diketahui bahwa adanya peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa dengan nilai rata-rata 68,25 dan ketuntasan kelas mencapai 70% dari keseluruhan siswa setelah dilakukan perbaikan pada siklus kedua maka lebih meningkat dan telah mencapai nilai rata-rata 73,75 dan ketuntasan kelas mencapai 90%. Dari data ini menunjukkan bahwa Melalui Penerapan Strategi Inquiri Training hasil belajar pada mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas V SD Negeri 050 Kampung Panjang Kecamatan Kampar Utara akan meningkat. Artinya apabila diterapkan Strategi Pembelajaran Inkuiri Training secara benar sesuai dengan langkah-langkah pelaksanaannya maka dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Nov 2016 12:32
Last Modified: 06 Nov 2016 12:32
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8737

Actions (login required)

View Item View Item