IRWAN EFENDI, - (2025) DESAIN MODUL AJAR BERMUATAN MODERASI BERAGAMA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS DALAM KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI MTS N KOTA PEKANBARU. Disertasi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
DISERTASI IRWAN EFENDI.pdf Download (5MB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Irwan Efendi (2025): Desain Modul Ajar Bermuatan Moderasi Beragama Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Di MTs Negeri Kota Pekanbaru Salah satu program terbaru yang dilahirkan oleh Mendikbud pada akhir tahun 2019 dan Kementerian Agama Republik Indonesia ialah Program Kurikulum Merdeka Belajar dan Moderasi Beragama. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah; 1) Bagaimana Modul Ajar Bermuatan Moderasi Beragama Mata Pelajaran Al-Qur‟an Hadis Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Di MTs Negeri Kota Pekanbaru Selama ini? ; 2) Bagaimana Pelaksanaan Modul Ajar Bermuatan Moderasi Beragama Mata Pelajaran Al-Qur‟an Hadis Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Di MTs Negeri Kota Pekanbaru; 3) Bagaimana Desain Modul Ajar Bermuatan Moderasi Beragama Mata Pelajaran Al-Qur‟an Hadis Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Di MTs Negeri Kota Pekanbaru ?. Adapun Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah 1) Untuk Mengetahui Bagaimana Modul Ajar Bermuatan Moderasi Beragama Mata Pelajaran Al-Qur‟an Hadis Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Di MTs Negeri Kota Pekanbaru Selama ini; 2) Uuntuk Mengetahui Baimana Pelaksanaan Modul Ajar Bermuatan Moderasi Beragama Mata Pelajaran Al-Qur‟an Hadis Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Di MTs Negeri Kota Pekanbaru; 3) Untuk Mengetahui Bagaimana Desain Modul Ajar Bermuatan Moderasi Beragama Mata Pelajaran Al-Qur‟an Hadis Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Di MTs Negeri Kota Pekanbaru. Penelitian ini adalah penelitian Research And Developement (R&D) mengacu pada model pengembangan ADDIE terdapat lima tahap pengembangan dalam model penelitian ADDIE yaitu: analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi (Analyze, Design, Developement, Implementation, Evaluation). Teknik Pengumpulan dan analisis Data, Observasi, Wawancara. Adapun Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Modul Ajar Bermuatan Moderasi Beragama Mata Pelajaran Al-Qur‟an Hadis Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Di MTs Negeri Kota Pekanbaru Selama ini yaitu yang di gunakan oleh guru belum dilakukan desain bermuatan moderasi beragama dalam kurikulum merdeka belajar. Hal tersebut dapat dilihat dari modul ajar yang digunakan oleh guru Al-qur‟an Hadis MTs Negeri Kota Pekanbaru. Desain Modul Ajar Bermuatan Moderasi Beragama Mata Pelajaran Al-Qur‟an Hadis Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Di MTs Negeri Kota Pekanbaru, yang telah disusun oleh peneliti dapat disimpulkan layak, untuk dipergunakan Guru di MTs Negeri Kota Pekanbaru pada mata pelajaran Al- Qur‟an Hadis bermuatan Moderasi Beragama dalam kurikumlum merdeka belajar. Kata kunci : Desain Modul Ajar, Moderasi Beragama, Al-Qur’an Hadis, Kurikulum Merdeka Belajar, MTs Negeri Kota Pekanbaru
Item Type: | Thesis (Disertasi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||||||
Divisions: | Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | pps - | ||||||||||||
Date Deposited: | 14 Mar 2025 07:20 | ||||||||||||
Last Modified: | 14 Mar 2025 07:20 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/87367 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |