Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERWAWASAN MULTIKULTURAL DI MADRASAH ALIYAH AL ISLAMIYAH KOTA PINANG KABUPATEN LABUHAN BATU SELATAN

HUSNI MUBAROK, - (2025) MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERWAWASAN MULTIKULTURAL DI MADRASAH ALIYAH AL ISLAMIYAH KOTA PINANG KABUPATEN LABUHAN BATU SELATAN. Disertasi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
DISERTASI HUSNI MUBAROK.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Husni Mubarok (2024): Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berwawasan Multikultural Di Madrasah Aliyah Al Islamiyah Kota Pinang Kabupaten Labuhan Batu Selatan Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui Konsep Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berwawasan Multikultural di Madrasah Aliyah Al Islamiyah Kota Pinang Kabupaten Labuhan Batu Selatan. 2) Untuk mengetahui Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berwawasan Multikultural di Madrasah Aliyah Al Islamiyah Kota Pinang Kabupaten Labuhan Batu Selatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan atau dalam bahasa Inggrisnya Research and Development (R & D) yaitu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. Model ADDIE terdiri dari 5 tahap utama, yaitu (A)nalysis, (D)esain, (D)evelopment, (I)mplementation, dan (E)valuation. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah, Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Teknik analisis data adalah upaya yang dilakukan dengan jalan l) reduksi data (data reduction), 2) penyajian data (data displays dan 3) penarikan kesimpulan/verifikasi (conclusion drawing/veriffication). Adapun hasil penelitian ini yaitu Konsep Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berwawasan Multikultural di Madrasah Aliyah Al Islamiyah Kota Pinang Kabupaten Labuhan Batu Selatan, model pendidikan multikultural di lembaga madrasah menunjukkan bahwa komponen pertama dalam membangun pendidikan multikultural ialah adanya kesadaran/pandangan paradigmatik terhadap pendidikan multikultural, serta kurikulum yang disusun dengan menawarkan nilai-nilai multikultural untuk diimplementasikan dalam proses pembelajaran baik didalam dan luar kelas diwujudkan dengan beragam kegiatan yang dapat mengajarkan kepada peserta didik makna dari multikulturalisme. Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berwawasan Multikultural Di Madrasah Aliyah Al Islamiyah Kota Pinang Kabupaten Labuhan Batu Selatan, yaitu dilakukan dengan menggunakan Cooperative Learning, dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang telah disusun oleh peneliti sudah dilakukan validasi dengan 4 orang validator yang terdiri dari ahli materi, ahli gambar (desain grafik) dan tata bahasa, yang menyatakan bahwa Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berwawasan Multikultural Di Madrasah Aliyah Al Islamiyah Kota Pinang Kabupaten Labuhan Batu Selatan, yaitu dilakukan dengan menggunakan Cooperative Learning dikategorikan layak, untuk diberikan dan dipergunakan dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berwawasan Multikultural Di Madrasah Aliyah Al Islamiyah Kota Pinang Kabupaten Labuhan Batu Selatan Kata kunci : Model Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Multikultural, Madrasah Aliyah Al Islamiyah, Kota Pinang.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorASMAL MAY, -201017002asmalmay_1953@yahoo.com
Thesis advisorALPIZAR, -2025066401alpi.alpizar@yahoo.com
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 14 Mar 2025 07:15
Last Modified: 14 Mar 2025 07:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/87366

Actions (login required)

View Item View Item