HUSNI MUBAROK, - (2025) MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERWAWASAN MULTIKULTURAL DI MADRASAH ALIYAH AL ISLAMIYAH KOTA PINANG KABUPATEN LABUHAN BATU SELATAN. Disertasi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
DISERTASI HUSNI MUBAROK.pdf Download (5MB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Husni Mubarok (2024): Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berwawasan Multikultural Di Madrasah Aliyah Al Islamiyah Kota Pinang Kabupaten Labuhan Batu Selatan Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui Konsep Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berwawasan Multikultural di Madrasah Aliyah Al Islamiyah Kota Pinang Kabupaten Labuhan Batu Selatan. 2) Untuk mengetahui Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berwawasan Multikultural di Madrasah Aliyah Al Islamiyah Kota Pinang Kabupaten Labuhan Batu Selatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan atau dalam bahasa Inggrisnya Research and Development (R & D) yaitu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. Model ADDIE terdiri dari 5 tahap utama, yaitu (A)nalysis, (D)esain, (D)evelopment, (I)mplementation, dan (E)valuation. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah, Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Teknik analisis data adalah upaya yang dilakukan dengan jalan l) reduksi data (data reduction), 2) penyajian data (data displays dan 3) penarikan kesimpulan/verifikasi (conclusion drawing/veriffication). Adapun hasil penelitian ini yaitu Konsep Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berwawasan Multikultural di Madrasah Aliyah Al Islamiyah Kota Pinang Kabupaten Labuhan Batu Selatan, model pendidikan multikultural di lembaga madrasah menunjukkan bahwa komponen pertama dalam membangun pendidikan multikultural ialah adanya kesadaran/pandangan paradigmatik terhadap pendidikan multikultural, serta kurikulum yang disusun dengan menawarkan nilai-nilai multikultural untuk diimplementasikan dalam proses pembelajaran baik didalam dan luar kelas diwujudkan dengan beragam kegiatan yang dapat mengajarkan kepada peserta didik makna dari multikulturalisme. Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berwawasan Multikultural Di Madrasah Aliyah Al Islamiyah Kota Pinang Kabupaten Labuhan Batu Selatan, yaitu dilakukan dengan menggunakan Cooperative Learning, dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang telah disusun oleh peneliti sudah dilakukan validasi dengan 4 orang validator yang terdiri dari ahli materi, ahli gambar (desain grafik) dan tata bahasa, yang menyatakan bahwa Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berwawasan Multikultural Di Madrasah Aliyah Al Islamiyah Kota Pinang Kabupaten Labuhan Batu Selatan, yaitu dilakukan dengan menggunakan Cooperative Learning dikategorikan layak, untuk diberikan dan dipergunakan dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berwawasan Multikultural Di Madrasah Aliyah Al Islamiyah Kota Pinang Kabupaten Labuhan Batu Selatan Kata kunci : Model Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Multikultural, Madrasah Aliyah Al Islamiyah, Kota Pinang.
Item Type: | Thesis (Disertasi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||||||
Divisions: | Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | pps - | ||||||||||||
Date Deposited: | 14 Mar 2025 07:15 | ||||||||||||
Last Modified: | 14 Mar 2025 07:15 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/87366 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |