Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MODEL PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ISLAMI DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 ROKAN HILIR

MARALOTTUNG SIREGAR, - (2025) MODEL PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ISLAMI DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 ROKAN HILIR. Disertasi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
DISERTASI MARALOTTUNG SIREGAR WATERMARK.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Maralottung Siregar (2024): Model Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Dalam Pembentukan Karakter Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Rokan Hilir Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui Konsep Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Dalam Pembentukan Karakter Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Rokan Hilir. 2) Untuk mengetahui Model Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Dalam Pembentukan Karakter Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Rokan Hilir. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan atau dalam bahasa Inggrisnya Research and Development (R & D) yaitu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. Pada tahap development peneliti mengadopsi model 4D yang terdiri dari 4 tahap yaitu: define, design, develop, dan disseminate. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah, Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Teknik analisis data adalah upaya yang dilakukan dengan jalan l) reduksi data (data reduction), 2) penyajian data (data displays dan 3) penarikan kesimpulan/verifikasi (conclusion drawing/veriffication). Adapun hasil penelitian ini yaitu Konsep Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Dalam Pembentukan Karakter Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Rokan Hilir, pembentukan Karakter Siswa pada dasarnya pembentukan karakter dilakukan secara bertahap. Maka dari itu, harus ada kerjasama antar guru dan orang tua untuk mengawasi siswa di rumah. Dalam pembentukan karakter siswa dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dilakukan dengan tiga strategi yaitu: strategi pemahaman, strategi pembiasaan dan strategi keteladanan. Metode tersebut dapat menunjang siswa dalam membentuk karakter yang baik di madrasah. Model Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dalam Pembentukan Karakter Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Rokan Hilir, yaitu dilakukan dengan menggunakan Model Role Playing. Desain Model Role Playing, dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dalam Pembentukan Karakter Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Rokan Hilir berdasarkan para ahli memiliki kategori, media, 3.51 Sangat Baik, Materi 3.47 Sangat Baik dan Manfaat 3.41 Sangat Baik dan layak untuk digunakan. Kata kunci : Model Pembelajaran, Sejarah Kebudayaan Islam, Karakter Madrasah Tsanawiyah Negeri 2, Rokan Hilir

Item Type: Thesis (Disertasi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorASMAL MAY, -201017002asmalmay_1953@yahoo.com
Thesis advisorZAITUN, -2010057201zaitun@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 14 Mar 2025 07:11
Last Modified: 14 Mar 2025 07:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/87365

Actions (login required)

View Item View Item