PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI TEKNIK PECAHAN POTONGAN DI KELAS V SEKOLAH DASAR TARBIYAH ISLAMIYAH 030 BATU BELAH KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Dovi Maisari, (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI TEKNIK PECAHAN POTONGAN DI KELAS V SEKOLAH DASAR TARBIYAH ISLAMIYAH 030 BATU BELAH KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013336PGMI.pdf

Download (398kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas V Sekolah Dasar Tarbiyah Islamiyah 030 Batu Belah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pengukuran waktu melalui teknik Pecahan Potongan di Kelas V Sekolah Dasar Tarbiyah Islamiyah 030 Batu Belah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V tahun pelajaran 2012-2013 dengan jumlah siswa sebanyak 18 orang. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan Teknik Pecahan Potongan untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, dan tes. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan teknik Pecahan Potongan dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V Sekolah Dasar Tarbiyah Islamiyah 030 Batu Belah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Hasil belajar siswa jauh lebih meningkat dibandingkan pada sebelum tindakan. Pada sebelum tindakan siswa yang tuntas sebanyak 8 orang siswa atau ketuntasan siswa hanya mencapai 44,44%, sedangkan pada siklus pertama meningkat menjadi 12 orang siswa atau ketuntasan telah mencapai 66,67%. Walaupun ketuntasan siswa meningkat dari sebelum tindakan ke siklus I, namun secara klasikal hasil belajar siswa belum 75% mencapai KKM yang telah ditetapkan yaitu 65, secara individu sebagian masih ada siswa yang tidak tuntas. Setelah dilakukan tindakan perbaikan yaitu pada siklus II ternyata ketuntasan siwa mencapai 16 orang siswa atau ketuntasan siswa telah mencapai 88,89%. Artinya hasil belajar siswa telah 75% mencapai KKM yang telah ditetapkan, yaitu 65.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Nov 2016 12:32
Last Modified: 06 Nov 2016 12:32
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8736

Actions (login required)

View Item View Item