Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Language Learning dan Model Kepemimpinan dalam Menciptakan Lingkungan Berbahasa Arab bagi Siswa MAN 3 PEKANBARU

AINUN HABIEBA, - (2025) Pengaruh Language Learning dan Model Kepemimpinan dalam Menciptakan Lingkungan Berbahasa Arab bagi Siswa MAN 3 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL - AINUN HABIBA (TANPA BAB IV).pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI FULL - AINUN HABIBA (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara Language Learning dan Model Kepemimpinan dalam Menciptakan Lingkungan Berbahasa Arab bagi siswa MAN 3 Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang berasal dari SMP yang berbeda-beda sehingga membuat hasil penguasaan Bahasa Arab menjadi tidak stagnan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Deskriptif kuantitatif adalah menganalisis data dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang terkumpul sebagaimana adanya. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Sedangkan sampel berjumlah 38 siswa. Pengumpulan data diambil melalui observasi, angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasıl analisis yang diperoleh terdapat pengaruh yang signifikan antara pengaruh Language Learning terhadap Lingkungan Berbahasa Arab bagi siswa MAN 3 Pekanbaru dengan nilai koefisien regresi positif sebesar 24,6%. Begitu pula hasil analisis yang diperoleh dari variabel X2 Model Kepemimpinan terdapat pengaruh yang signifikan antara pengaruh Model Kepemimpinan dalam Menciptakan Lingkungan Berbahasa Arab bagi siswa MAN 3 Pekanbaru dengan nilai koefisien regresi positif sebesar 31,0%. Besarnya pengaruh Language Learning dan Model Kepemimpinan dalam Menciptakan Lingkungan Berbahasa Arab sebesar 13,5% sedangkan 86,5% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti. Hasil penelitian Language Learning (X1) dan Model Kepemimpinan (X2) diketahui Fhitung sebesar 3.885 dengan nilai signifikansi 0,030 sedangkan nilai Ftabel pada tabel distribusi dengan tingkat kesalahan 0,5% adalah sebesar 2,65. Hal ini berarti bahwa Fhitung > Ftabel (3.885 > 2,658) dengan nilai signifikansi 0,030 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel Language Learning (X1) dan variabel Model Kepemimpinan (X2) terdapat pengaruh simultan yang positif terhadap variabel Lingkungan Berbahasa Arab bagi siswa (Y).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHakmi Wahyudi, -2015108302midarelhakim1983@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 11 Mar 2025 06:47
Last Modified: 11 Mar 2025 06:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/87356

Actions (login required)

View Item View Item