MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK PEMERIKSAAN PASANGAN PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 043 KECAMATAN RUMBAI KOTA PEKANBARU

Delfidayenti, (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK PEMERIKSAAN PASANGAN PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 043 KECAMATAN RUMBAI KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013335PGMI.pdf

Download (490kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas V Sekolah Dasar Negeri 043 Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimanakah penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Teknik Pemeriksaan Pasangan dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada materi Volume Bangun Ruang Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 043 Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V tahun pelajaran 2011-2012 dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran kooperatif Teknik Pemeriksaan Pasangan untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, dan tes. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Teknik Pemeriksaan Pasangan dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 043 Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru. Hasil belajar siswa jauh lebih meningkat dibandingkan pada sebelum tindakan. Pada sebelum tindakan siswa yang tuntas sebanyak 13 orang siswa atau ketuntasan siswa hanya mencapai 43,33%, sedangkan pada siklus pertama meningkat menjadi 19 orang siswa atau ketuntasan telah mencapai 63,33%. Walaupun ketuntasan siswa meningkat dari sebelum tindakan ke siklus I, namun secara klasikal hasil belajar siswa belum 75% mencapai KKM yang telah ditetapkan yaitu 65, secara individu sebagian masih ada siswa yang tidak tuntas. Setelah dilakukan tindakan perbaikan yaitu pada siklus II ternyata ketuntasan siwa mencapai 26 orang siswa atau ketuntasan siswa telah mencapai 86,67%. Artinya hasil belajar siswa telah 75% mencapai KKM yang telah ditetapkan, yaitu 65.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Nov 2016 12:30
Last Modified: 06 Nov 2016 12:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8734

Actions (login required)

View Item View Item