Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PREDICTION GUIDE (TEBAK PELAJARAN) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SAINS SISWA KELAS IV SDN 017 TANJUNG KECAMATAN KOTO KAMPAR HULU KABUPATEN KAMPAR

Hendrianto (2013) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PREDICTION GUIDE (TEBAK PELAJARAN) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SAINS SISWA KELAS IV SDN 017 TANJUNG KECAMATAN KOTO KAMPAR HULU KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013768PGMI.pdf

Download (371kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas siswa dalam mengikuti pelajaran Sains, hal ini dapat dilihat dari gejala-gejala dalam proses belajar mengajar yang menunjukkan aktivitas belajar siswa belum optimal, sehingga nilai yang diperoleh siswa dibawah KKM yang sudah ditetapkan. Tujuan dalam penelitian ini adalah: meningkatkan aktivitas belajar Sains pada materi rangka manusia dan fungsinya Siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 017 Tanjung Kecamatan Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar dengan penerapan strategi pembelajaran Prediction Guide. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapantahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa terjadinya peningkatan aktivitas belajar siswa pada bidang studi Sains. Pada data awal diperoleh angka rata-rata 39,84%, pada siklus I pertemuan pertama secara klasikal mencapai rata-rata 43,75% dan pada pertemuan kedua mencapai rata-rata persentase 53,13%, pada siklus II pertemuan pertama meningkat menjadi 72,66% sedangkan pada pertemuan kedua meningkat menjadi 90,63% berada pada interval 76-100% dengan kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan strategi pembelajaran Prediction Guide dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Sains materi rangka manusia dan fungisnya siswa kelas IV SDN 017 Tanjung Kecamatan Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Prediction Guide, Aktivitas Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Nov 2016 12:29
Last Modified: 06 Nov 2016 12:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8733

Actions (login required)

View Item View Item