PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI METODE PANORAMA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN 003 TAMPAN KOTA PEKANBARU

Muhammad Hanafi, (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI METODE PANORAMA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN 003 TAMPAN KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013767PGMI.pdf

Download (378kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Kurangnya kemampuan siswa dalam membaca pemahaman, hal ini terlihat apabila diberikan tes, hanya 11 dari 26 orang siswa atau 42,30% yang dapat menyebutkan gagasan pokok dengan benar, sulitnya siswa menemukan amanat atau pandangan yang terkandung dalam sebuah cerita, hal ini tampak ketika siswa diminta untuk mencari amanat atau pandangan yang terkandung dalam sebuah cerita, hanya sebagian kecil yang dapat menyebutkannya dengan benar. Dan sulitnya siswa menyimpulkan isi sebuah cerita, hal ini terlihat apabila diminta untuk menyimpulkan isi sebuah cerita hanya sebagian siswa yang dapat menyimpulkan isi sebuah cerita dengan benar. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN 003 Tampan Kota Pekanbaru pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui metode PANORAMA. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode PANORAMA dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas Kelas V SDN 003 Tampan Kota Pekanbaru. Pada sebelum tindakan hanya mencapai persentase 56,5% dengan kategori “Kurang Mampu”, karena 56,5% berada pada rentang 55% - 69%. Pada siklus I kemampuan membaca pemahaman siswa tergolong “Kurang Mampu”, karena 66,3% berada pada rentang 55%-69%. Setelah diperbaiki pada siklus II kemampuan membaca pemahaman siswa meningkat menjadi 81.3% dengan ketegori “Sangat Mampu”, karena sebagian siswa berada pada rentang 80%-100%. Artinya kemampuan siswa kelas V SDN 003 Tampan Kota Pekanbaru dalam membaca pemahaman telah mencapai 75%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Nov 2016 12:28
Last Modified: 06 Nov 2016 12:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8732

Actions (login required)

View Item View Item