HAFIZOH, - (2025) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 14 KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (6MB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Hafizoh, (2025): Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Cooperative Script terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 14 Pekanbaru Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran dan guru masih menggunakan metode pembelajaran dengan metode ceramah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan metode Cooperative Script terhadap keaktifan belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 14 Pekanbaru. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Eksperimental Design, dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang mengikuti pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 14 Pekanbaru yang berjumlah 283 Siswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan Purposive Sampling. Sampel penelitian ini kelas X.7 berjumlah 31 siswa sebagai kelas eksperimen dan X.2 berjumlah 33 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Independent Sample t-Test. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa terdapat perbedaan keaktifan siswa antara penerapan metode pembelajaran Cooperative Script dengan metode ceramah pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 14 Pekanbaru. Dibuktikan dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel pada taraf signifikan 5% (13,207 > 2,00) dan perhitungan nilai sig (2 tailed) 0,000 < 0,05. Hal ini dapat disimpulkan ada pengaruh signifikan penerapan metode pembelajaran Cooperative Script pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 14 Pekanbaru. Hasil Mean Skor kelas eksperimen 38,65 lebih tinggi dari kelas kontrol 32,79. Kata Kunci : Metode Pembelajaran Cooperative Script, Keaktifan Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 27 Feb 2025 07:56 | ||||||||
Last Modified: | 27 Feb 2025 07:56 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/87313 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |