PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI METODE SHARING-BASED DISCUSIONS PADA MATA PELAJARAN SAINS DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 010 SAWAH KECAMATAN KAMPAR UTARA KABUPATEN KAMPAR

Yusraini, (2013) PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI METODE SHARING-BASED DISCUSIONS PADA MATA PELAJARAN SAINS DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 010 SAWAH KECAMATAN KAMPAR UTARA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013334PGMI.pdf

Download (400kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Sains di kelas V Sekolah Dasar Negeri 010 Sawah Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana peningkatan aktivitas belajar siswa melalui metode Sharing-Based Discusions pada pelajaran Sains di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 010 Sawah Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 010 Sawah Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar tahun pelajaran 2010-2011 dengan jumlah siswa sebanyak 29 orang, laki-laki berjumlah 16 orang dan perempuan berjumlah 13 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan metode Sharing-Based Discusions untuk meningkatkan aktivitas belajar Sains. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan aktivitas belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Sains hanya mencapai rata-rata persentase 44,3%, setelah dilakukan tindakan perbaikan ternyata aktivitas belajar siswa meningkat yaitu pada siklus pertama dengan mencapai 63,5% atau aktivitas belajar siswa tergolong “Cukup Tinggi” karena 63,5% berada pada rentang 56-75%. Sedangkan pada siklus II meningkat dari 63,5% menjadi 81,8% atau aktivitas belajar siswa telah tergolong “Tinggi” karena 81,8% berada pada rentang 76-100%. Artinya keberhasilan siswa telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan, yaitu diatas 75%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan penerapan metode Sharing-Based Discusions, maka aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Sains di kelas V Sekolah Dasar Negeri 010 Sawah Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar dapat ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Nov 2016 12:28
Last Modified: 06 Nov 2016 12:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8731

Actions (login required)

View Item View Item