Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ARTIFICIAL INTELLIGENCE TERHADAP PEMAHAMAN BELAJAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA ISTIQOMAH PANDAU KECAMATAN SIAK HULU KABUPATEN KAMPAR

NOVRITI RAMADORA, - (2025) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ARTIFICIAL INTELLIGENCE TERHADAP PEMAHAMAN BELAJAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA ISTIQOMAH PANDAU KECAMATAN SIAK HULU KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELTIIAN (BAB IV).pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELTIIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Novriti Ramadora, (2025): Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Artificial Intelligence (AI) Terhadap Peningkatan Pemahaman Belajar Anak Usia 5- 6 Tahun Di RA Istiqomah Pandau Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar Tujuan penelitian untuk mengetahui keefektivitasan media pembelajaran berbasis artificial intelligence terhadap pemahaman belajar anak usia 5-6 tahun di RA Istiqomah Pandau. Jenis penelitian pra-eksperiment, dengan desain penelitian One-group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian ini anak usia 5-6 tahun berjumlah 13 anak. Instrumen data berupa observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian dianalisis secara deskriftif dengan uji t. Diperoleh hasil efektivitas penggunaan pembelajaran AI pada pretest diperoleh rata-rata 63,21% kategori cukup baik dengan poin hasil uji t 29,08 poin. Pada hasil posttest diperoleh ratarata 81,43% kategori sangat baik dengan poin hasil uji t 37,46 poin. Menunjukkan adanya peningkatan pemahaman belajar anak sebanyak 18,22% dengan poin hasil uji t 8,38 poin. Berdasarkan hasil uji paired sampels test diperoleh nilai thitung sebesar -7,616 dan ttabel sebesar 2,200 (ttabel > thitung ) dan sig (2-tailed) 0,000 < 0,05. Sehingga dapat peneliti simpulkan bahwa hipotesis H0 yang menyatakan tidak terdapat pengaruh yang signifikan pengunaan media pembelajaran berbasis artificial intelligence terhadap pemahaman belajar anak usia 5-6 tahun ditolak, dan Ha yang menyatakan terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran terhadap pemahaman belajar anak usia 5-6 tahun diterima Kata Kunci: Pemahaman Belajar Anak, Media Pembelajaran, Artificial Intelligence

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNurkamelia Mukhtar, -2003128801NurkameliaMukhtar@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 26 Feb 2025 07:55
Last Modified: 26 Feb 2025 07:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/87308

Actions (login required)

View Item View Item