Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH ALAT PERMAINAN EDUKATIF WIRE GAME TERHADAP PENINGKATAN KONSENTRASI BELAJAR PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA DEWI ANGGREK KOTA PEKANBARU

WASLIA FITRI, - (2025) PENGARUH ALAT PERMAINAN EDUKATIF WIRE GAME TERHADAP PENINGKATAN KONSENTRASI BELAJAR PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA DEWI ANGGREK KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELTIIAN (ABB IV).pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELTIIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Waslia Fitri, (2025): Pengaruh Alat Permainan Edukatif Wire Game Terhadap Peningkatan Konsentrasi Belajar Pada Anak Usia 5-6 Tahun di RA Dewi Anggrek Kota Pekanbaru Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum berkembang maksimalnya konsentrasi anak di RA Dewi Anggrek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat permainan edukatif wire game terhadap peningkatan konsentrasi belajar anak usia 5-6 tahun di RA Dewi Anggrek. Jenis penelitian kuantitatif eksperimen desain One Group Pretest Posttest. Subjek penelitian guru dan anak usia dini di RA Dewi Anggrek. Seluruh populasi menjadi sampel penelitian yang berjumlah 10 anak. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan dokumentasi. Analisis data ada uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan SPSS Ver. 27. Hasil penelitian terdapat temuan yaitu alat permainan edukatif wire game terbukti efektif sebagai media pembelajaran yang dapat meningkatkan konsentrasi anak, anak memperhatikan guru atau fokus pada sumber informasi, anak lebih aktif, semangat mengikuti pembelajaran, menyelesaikan tugas secara mandiri, dapat mengekspresikan perasaannya. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan konsentrasi belajar anak di RA Dewi Anggrek sebesar 81,10% dengan kategori tinggi, menggunakan rumus gain ternormalisasi. Hasil uji t statistik nilai sig 0,001 < 0,005 dengan thitung 18,064 > ttabel 1,860050. Maka Ha diterima dan H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa alat permainan edukatif wire game berpengaruh terhadap peningkatan konsentrasi belajar pada anak usia 5-6 tahun di RA Dewi Anggrek Kota Pekanbaru. Kata kunci: Alat Permainan Edukatif Wire Game, Konsentrasi Belajar, Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHeldanita, -2005079302Heldanita@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 26 Feb 2025 03:50
Last Modified: 26 Feb 2025 03:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/87306

Actions (login required)

View Item View Item