VIVI RINDA YANI, - (2025) HUBUNGAN ANTARA PENGASUHAN HOLISTIK DENGAN KETIDAKSOPANAN DI RUANG KELAS PADA SISWA SMP DI KECAMATAN KUOK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (10MB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
HUBUNGAN ANTARA PENGASUHAN HOLISTIK DENGAN KETIDAKSOPANAN DI RUANG KELAS PADA SISWA SMP DI KECAMATAN KUOK Vivi Rinda Yani Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Email: vivirindayani26@gmail.com ABSTRAK Ketidaksopanan di ruang kelas memberikan dampak negatif terhadap proses pembelajaran dan berpengaruh pula terhadap kesehatan mental. Salah satu faktor yang diduga memengaruhi perilaku ketidaksopanan tersebut adalah pola pengasuhan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara pengasuhan holistik dengan ketidaksopanan di ruang kelas pada siswa SMP di Kecamatan Kuok. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate random sampling dengan subjek penelitian sebanyak 200 siswa SMP di Kecamatan Kuok. Metode pengumpulan data menggunakan skala measuring adolescent attitudes toward classroom incivility dari Farrell dkk. yang telah diadaptasi oleh Susilawati dan Baharudin versi 10 aitem dan holistic parenting scale dari Rahmawati versi 35 aitem. Analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana. Hasil analisis menunjukkan terdapat hubungan negatif yang signifikan antara pengasuhan holistik dengan ketidaksopanan di ruang kelas pada siswa SMP di Kecamatan Kuok dengan nilai sig. sebesar 0,010 (p<0,05). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi tingkat pengasuhan holistik yang diterapkan pada siswa, maka semakin rendah tingkat ketidaksopanan siswa di ruang kelas. Melalui penelitian ini, dapat diketahui penerapan pengasuhan orang tua yang holistik dapat mencegah perilaku ketidaksopanan di ruang kelas pada siswa sehingga menciptakan lingkungan belajar yang lebih kondusif dalam interaksi di kelas. Kata kunci: pengasuhan holistik, ketidaksopanan di ruang kelas, siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi | ||||||||
Depositing User: | fpsi - | ||||||||
Date Deposited: | 26 Feb 2025 03:27 | ||||||||
Last Modified: | 26 Feb 2025 03:27 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/87302 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |