PENERAPAN STRATEGI MATHEMATICAL INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 014 SUNGAI PUTIH KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR

Irma, (2013) PENERAPAN STRATEGI MATHEMATICAL INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 014 SUNGAI PUTIH KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013753PGMI.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2013_2013753PGMI.pdf

Download (382kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (class action research). Berdasarkan hasil pengamatan di kelas V SDN 014 Sei Putih Kecamatang Tapung Kabupaten Kampar, ditemui beberapa fenomena tentang masalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika, seperti; 1) dari 30 siswa yang ada hanya 16 orang (53.3%) yang mampu mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu 65 yang telah ditetapkan di SD Negeri 014 Sungai Putih Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. 2) di antara 30 siswa hanya 10 sampai 11 orang yang yang mampu menjawab pertanyaan guru dengan benar ketika dilakukan evaluasi dengan tanya jawab dan 3) hasil evaluasi yang dilaksanakan sebagian besar siswa tidak bisa menyelesaikan soal yang diberikan sesuai dengan waktu yang ditetapkan oleh guru. Untuk mengatasi rendahnya hasil belajar siswa tersebut penulis menerapkan strategi Mathematical Investigation. Rumusan masalah untuk penelitian ini adalah: bagaimana pembelajaran dengan Mathematical Investigation yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 014 Sungai Putih Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar?. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan, data yang di uraikan adalah sebelum tindakan, pada Siklus I dan Siklus II. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui strategi pembelajaran Mathematical Investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Matematika kelas V 014 Sei Putih Kecamatan Tapung Kebupaten Kampar. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pada skor dasar hasil belajar yang diperoleh yaitu sebanyak 11 orang yang mencapai KKM atau 37 dengan rata-rata hasil belajar sebesar 61. Pada siklus I hasil belajar matematika yang diperoleh siswa adalah jumlah siswa yang mencapai ketuntasan dalam belajar adalah sebesar 57. Rata-rata hasil belajar siswa secara klas ikal pada siklus I sebesar 69 atau 17 orang yang mencapai KKM dan dikategorikan tidak tuntas. Sedangkan pada siklus II sebanyak 27 orang yang mencapai KKM dengan persentase ketuntasan sebesar 90.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Nov 2016 12:26
Last Modified: 06 Nov 2016 12:26
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8730

Actions (login required)

View Item View Item