SILFIA PERMATA PUTRI, - (2025) EFEKTIFITAS PERMAINAN RODA PUTAR TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN DI TK MAWAR INDAH DESA PULAU RAMBAI KECAMATAN KAMPAKABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELTIIAN (BAB IV).pdf Download (9MB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
SILFIA PERMATA PUTRI (2024) : EFEKTIFITAS PERMAINAN RODA PUTAR TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN DI TK MAWAR INDAH DESA PULAU RAMBAI KECAMATAN KAMPAKABUPATEN KAMPAR Penelitian bertujuan mengetahui efektivitas permainan roda putar terhadap peningkatan kemampuan mengenal bentuk geometri anak usia dini 5-6 tahun di TK Mawar Indah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen one group pretest posttest dengan uji t- test. Analisis data menggunakan SPSS Ver 27. Subjek penelitian adalah guru dan anak usia 5-6 tahun di TK Mawar Indah. Objek penelitian yaitu efektivitas permainan roda putar terhadap peningkatan kemampuan mengenal bentuk geometri. Populasi pada penelitian yaitu seluruh anak didik kelompok B di TK Mawar Indah berjumlah 15 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji T. Adapun gambaran umum permainan roda putar terhadap peningkatan kemampuan mengenal bentuk geometri anak usia dini 5-6 tahun di TK Mawar Indah sebelum diberikan perlakuan (Pretest) 24,3 dengan kategori BB (Belum Berkembang). Pada treatment pertama kemampuan mengenal bentuk geometri anak usia 5-6 tahun mengalami peningkatan yaitu 100 % dengan kategori amat baik. Pada treatment kedua kemampuan mengenal bentuk mengalami 95 % dengan kategori amat baik. Pada treatment ketiga kemampuan mengenal bentuk mengalami 85 % dengan kategori amat baik. Pada treatment keempat kemampuan mengenal bentuk geometri mengalami peningkatan yaitu 100 % dengan kategori amat baik. Adapun gambaran umum perolehan skor rata-rata kemampuan setelah diberikan perlakuan (posstest) menjadi 85,80 %. Sementara itu, dengan melihat hasil signifikansi uji t statistik ditemukan uji signifikansi 0,000 < 0, 005 sehingga hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan nilai thitung = 10.163 > ttabel = 1,77093. Sehingga permainan roda putar efektif terhadap peningkatan kemampuan mengenal bentuk geometri anak usia 5-6 tahun di TK Mawar Indah. Kata Kunci: Efektivitas, Permainan Roda Putar, Anak Usia Dini
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 24 Feb 2025 08:08 | ||||||||
Last Modified: | 24 Feb 2025 08:08 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/87298 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |