PENERAPAN STRATEGI PEER LESSONS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MURID PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA AMAL IKHLAS PEKANBARU

Nurwati, (2013) PENERAPAN STRATEGI PEER LESSONS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MURID PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA AMAL IKHLAS PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013750PGMI.pdf

Download (496kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apakah penerapan strategi Peer Lessons dalam upaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Swasta Amal Ikhlas Pekanbaru khususnya pada pokok bahasan operasi hitung bilangan bulat. Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimanakah strategi Peer Lessons dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Swasta Amal Ikhlas Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pegumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan mengikuti model yang dikembangkan oleh Kemis dan Mc. Taggar dengan suatu siklus spiral. Subjek dalam penelitian ini adalah murid kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Amal Ikhlas Pekanbaru. Sedangkan yang menjadi objek penelitan ini adalah strategi Peer Lessons. Berdasarkan dari penyajian dan analisis data, maka dapat disimpulkan hasil penelitian berdasarkan hasil observasi, hasil belajar murid mengalami peningkatan, di mana pada siklus pertama hasil belajar murid memperoleh skor dengan ketuntasan klasikal 70,58% dan pada siklus kedua meningkat dimana 16 orang murid dinyatakan tuntas secara individu dengan ketuntasan klasikal mencapai 83,23%. Penerapan metode strategi Peer Lessons dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Amal Ikhlas Pekanbaru pada materi pokok operasi hitung bilangan bulat meliputi membulatkan bilangan-bilangan dalam satuan, puluhan dan ratusan serta menaksir hasil operasi hitung operasi hitung menjumlahkan, mengurangkan, mengali dan membagi dua bilangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Nov 2016 12:25
Last Modified: 06 Nov 2016 12:25
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8729

Actions (login required)

View Item View Item