PENERAPAN METODE GLOBAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR NEGERI 037 KARYA INDAH KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR

Amin Rahmatina, (2013) PENERAPAN METODE GLOBAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR NEGERI 037 KARYA INDAH KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013732PGMI.pdf

Download (868kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca permulaan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan metode global siswa kelas I Sekolah Dasar Negeri 037 Karya Indah. Berdasarkan observasi awal penulis terhadap keterampilan membaca permulaan siswa kelas I Sekolah Dasar Negeri 037 Karya Indah kecamatan Tapung kabupaten Kampar, diperoleh hasil rendah. Hal ini dapat terlihat dari gejala yang terjadi dalam pembelajaran, seperti siswa kurang aktif, tidak memahami huruf, tidak memahami tanda baca dan rendahnya keterampilan membaca siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Berdasarkan observasi awal diperoleh nilai keterampilan membaca permulaan dengan kategori “rendah” yaitu 68,75%. Setelah diperbaiki pada siklus I, meningkat menjadi 71,88% berada pada kategori “rendah” tetapi belum mencapai ketuntasan klasikal. Setelah diperbaiki pada siklus II keterampilan membaca permulaan siswa meningkat secara signifikan yaitu mencapai 93,75% berada pada ketegori “tinggi”. Oleh sebab itu, keberhasilan telah melebihi 75% dari seluruh jumlah siswa, artinya sebagian besar siswa telah mencapai nilai KKM yang telah ditetapkan yaitu 75. Dengan demikian dapat disimpulkan penerapan metode global dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas I SDN 037 Karya Indah kecamatan Tapung kabupaten Kampar. Kata kunci: Metode global, membaca permulaan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Nov 2016 12:23
Last Modified: 06 Nov 2016 12:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8728

Actions (login required)

View Item View Item