Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MATERI SUMBER DAYA ALAM MELALUI PETA GAGASAN DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 012 BATULANGKA KECIL KECAMATAN BANGKINANG BARAT KABUPATEN KAMPAR

Titin Ramadhan (2013) MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MATERI SUMBER DAYA ALAM MELALUI PETA GAGASAN DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 012 BATULANGKA KECIL KECAMATAN BANGKINANG BARAT KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013725PGMI.pdf

Download (376kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa melalui Peta Gagasan pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 012 Batulangka Kecil Kecamatan Bangkinang Barat Kabupaten Kampar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada peningkatan aktivitas belajar siswa melalui Peta Gagasan pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 012 Batulangka Kecil Kecamatan Bangkinang Barat Kabupaten Kampar? Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 012 Batulangka Kecil Kecamatan Bangkinang Barat Kabupaten Kampar tahun pelajaran 2012-2013 dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang, laki-laki berjumlah 12 orang dan perempuan berjumlah 10 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan metode Peta Gagasan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan aktivitas belajar siswa kelas IV pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS hanya mencapai rata-rata persentase 48,7, setelah dilakukan tindakan perbaikan ternyata aktivitas belajar siswa meningkat yaitu pada siklus pertama dengan mencapai 67,5 atau aktivitas belajar siswa tergolong “Cukup Tinggi” karena 67,5 berada pada rentang 56-75. Sedangkan pada siklus II meningkat dari 67,5 menjadi 79,2 atau aktivitas belajar siswa telah tergolong “Tinggi” karena 79,2 berada pada rentang 76- 100. Artinya keberhasilan siswa telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan, yaitu diatas 75. Besar peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS yang diperoleh dari sebelum tindakan ke siklus I adalah 18,8. Sedangkan peningkatan dari siklus I ke siklus II adalah 11,7. Jadi besar peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS dari sebelum tindakan hingga siklus II adalah 30,5 (18,8+11,7). Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa melalui Peta Gagasan dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 012 Batulangka Kecil Kecamatan Bangkinang Barat Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Nov 2016 12:21
Last Modified: 06 Nov 2016 12:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8727

Actions (login required)

View Item View Item