Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN REHEARSAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKASISWA KELAS V SDN 009SUMBER JAYAKECAMATAN SINGINGIHILIR KABUPATENKUANTAN SINGINGI

Devi Maslihah (2013) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN REHEARSAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKASISWA KELAS V SDN 009SUMBER JAYAKECAMATAN SINGINGIHILIR KABUPATENKUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013720PGMI.pdf

Download (705kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikanpenerapan strategi pembelajaran rehearsal yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 009 Sumber Jaya Kecamatan Singingi Hilir Kabupaten Kuantan Singingi. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan strategi pembelajaran rehearsal yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 009 Sumber Jaya Kecamatan Singingi Hilir Kabupaten Kuantan Singingi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 22 orang yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran rehearsal untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 009 Sumber Jaya Kecamatan Singingi Hilir Kabupaten Kuantan Singingi.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dirancang dengan empat tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Berhasilnya penerapan strategi pembelajaran rehearsal dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 009 Sumber Jaya Kecamatan Singingi Hilir Kabupaten Kuantan Singingi, dapat diketahui dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Sebelum dilakukan tindakan siswa yang tuntas sebanyak 10 orang atau 45,45%, sedangkan pada siklus I meningkat menjadi 14 orang atau 63,64%. Walaupun ketuntasan siswa meningkat dari sebelum tindakan ke siklus I, namun secara klasikal atau secara keseluruhan hasil belajar siswa belum 75% mencapai KKM yang telah ditetapkan yaitu 65. Setelah dilakukan tindakan perbaikan yaitu pada siklus II, siswa yang tuntas hasil belajarnya berjumlah17 orang atau 77,27%. Dengan demikian,berarti hasil belajar siswa telah >75% mencapai KKM yang telah ditetapkan, yaitu 65. Maka penelitian ini dihentikan pada siklus II.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Nov 2016 12:19
Last Modified: 06 Nov 2016 12:19
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8725

Actions (login required)

View Item View Item