AYU, - (2025) PENGARUH PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELTIIAN (BAB IV).pdf Download (4MB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELTIAN (BAB IV).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Ayu (2025) : Pengaruh Penerapan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di MA Muhammadiyah Pekan Baru Penelitian ini dilatar belakangi oleh motivasi belajar siswa yang masih terlihat kurang, serta juga kreativitas guru dalam memilih model pembelajaran yang tepat pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di MA Muhammadiyah Pekan Baru. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimental dan desain penelitian yang digunakan non-equivalent control group. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang mengikuti pelajaran ekonomi yang berjumlah 68 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X.1 dan X.2 yang berjumlah 60 siswa dengan rincian 30 siswa kelas X.1 sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa kelas X.2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data ini menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan Independent sample t-test. Berdasarkan hasil analisis data di peroleh bahwa terdapat perbedaan motivasi belajar siswa antara menggunakan model Contextual Teaching and Learning dan model Konvensional Pada Mata Pelajaran Ekonomi di MA Muhammadiyah Pekan Baru. Dibuktikan dengan thitung lebih besar dari ttabel pada taraf signifikansi 5% (10,668 > 1,671) dan perhitungan nilai sig (2-tailed) < α (0,000 < 0,05). Hal ini berarti ada pengaruh penggunaan model Contextual Teaching and Learning terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di MA Muhammadiyah Pekan Baru. Hasil persentase angket motivasi belajar siswa kelas eksperimen sebesar 85 % lebih tinggi dari kelas kontrol sebesar 70,55%. Kata Kunci: Model Contextual Teaching and Learning, Motivasi Belajar Siswa , Pengaruh
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 07 Feb 2025 03:15 | ||||||||
Last Modified: | 07 Feb 2025 03:15 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/87245 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |