Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PEMBELAJARAN DENGAN TAHAPAN ENACTIVE, ICONIC DAN SYMBOLIC UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IIA SEKOLAH DASAR NEGERI 183 PEKANBARU

Siltia Utami (2013) PEMBELAJARAN DENGAN TAHAPAN ENACTIVE, ICONIC DAN SYMBOLIC UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IIA SEKOLAH DASAR NEGERI 183 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013719PGMI.pdf

Download (718kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2013_2013719PGMI.pdf

Download (718kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran dengan tahapan enactive, iconic dan symbolic yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IIA SDN 183 Pekanbaru. Permasalahan yang peneliti kaji dalam penelitian ini yaitu Bagaimana penerapan pembelajaran dengan tahapan Enactive, Iconic dan Symbolic yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IIA SDN 183 Pekanbaru. Prosedur penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Adapun tahapan-tahapan yang dilalui dalam PTK, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IIA SDN 183 Pekanbaru pada tahun pelajaran 2012-2013 dengan jumlah siswa sebanyak 41 orang, 22 orang siswa laki-laki dan 19 orang siswa perempuan dengan kemampuan siswa yang heterogen. Sedangkan objek penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika melalui penerapan pembelajaran dengan tahapan tahapan enactive, iconic dan symbolic. Hasil penelitian dalam penerapan pembelajaran dengan tahapan enactive, iconic dan symbolic dikelas IIA SDN 183 Pekanbaru, diketahui bahwa adanya peningkatan hasil belajar sebelum tindakan ke siklus I dan ke siklus II. Sebelum tindakan hasil belajar siswa ketuntasan klasikal siswa hanya 34,14% dengan rata-rata 52,68% Setelah dilaksanakan tindakan, pada siklus I hasil ulangan siswa mengalami peningkatan. Ketuntasan klasikal siswa pada siklus I sebesar 68,29% dengan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 78,41. Pada siklus II hasil ulangan belajar siswa, ketuntasan klasikal sebesar 85,36% dengan rata-rata 85,60. Hasil ini menunjukkan bahwa perbaikan pembelajaran dalam upaya untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IIA SDN 183 Pekanbaru dengan menerapkan pembelajaran dengan tahapan enactive, iconic dan symbolic dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Nov 2016 12:17
Last Modified: 06 Nov 2016 12:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8724

Actions (login required)

View Item View Item