PUTRI DZAKIYAH HARDIYANTI, - (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING TERINTEGRASI KEISLAMAN UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
SKRIPSI PUTRI DZAKIYAH HARDIYANTI.pdf Download (14MB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Putri Dzakiyah Hardiyanti (2025): Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Penemuan Terbimbing Terintegrasi Keislaman untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Konsep Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis penemuan terbimbing terintegrasi keislaman untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementasi, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI. Objek pada penelitian ini adalah LKS berbasis penemuan terbimbing terintegrasi keislaman untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa teknik angket dan soal tes. Instrumen penelitian terdiri dari lembar validasi instrumen penelitian, lembar validasi untuk ahli materi pembelajaran, lembar validasi untuk ahli teknologi pendidikan, lembar angket respon siswa dan soal posttest kemampuan pemahaman konsep. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) LKS berbasis penemuan terbimbing terintegrasi keislaman tergolong dalam kategori sangat valid. (2) LKS berbasis penemuan terbimbing terintegrasi keislaman tergolong dalam kategori sangat praktis. (3) LKS berbasis penemuan terbimbing terintegrasi keislaman tergolong dalam kategori sangat efektif karena terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dari hasil tersebut mengidentifikasikan bahwa LKS berbasis penemuan terbimbing terintegrasi keislaman untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran matematika di sekolah. Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa (LKS), Penemuan Terbimbing, Terintegrasi Keislaman, Kemampuan Pemahaman Konsep
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 06 Feb 2025 07:28 | ||||||||
Last Modified: | 07 Feb 2025 02:59 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/87230 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |