Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL TREFFINGER UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V DI MIS DARUL QALAM SENAYANG KEL. SENAYANG KEC. SENAYANG KAB. LINGGA

Nurlaila (2013) PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL TREFFINGER UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V DI MIS DARUL QALAM SENAYANG KEL. SENAYANG KEC. SENAYANG KAB. LINGGA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013696PGMI.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2013_2013696PGMI.pdf

Download (395kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kreativitas belajar matematika siswa kelas V MIS Darul Qalam Senayang Kelurahan Senayang Kecamatan Senayang Kabupaten Lingga melalui penerapan pembelajaran model Treffinger. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V MIS Darul Qalam Senayang yang berjumlah 17 orang yang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 4 orang perempuan. Sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah meningkatkan kreativitas siswa melalui pembelajaran model treffinger pada mata pelajaran matematika. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melalui tes hasil belajar dan observasi. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif kualitatif dengan persentase. Caranya adalah apabila semua data telah terkumpul, lalu diklasifikasikan menjadi dua kelompok yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Terhadap data yang bersifat kualitatif yaitu yang digambarkan dengan kata-kata atau kalimat yang dipisah-pisahkan menurut kategori untuk memperoleh kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka penulis dapat mengambil kesimpulan yaitu: hasil belajar siswa kelas V MIS Darul Qalam Senayang Kecamatan Senayang Kabupaten Lingga setelah diadakan tindakan I yaitu sebanyak 12 orang atau sebesar 70,59% telah tuntas dan mengalami peningkatan pada tindakan II menjadi sebanyak 14 orang atau sebesar 82,35% telah mencapai nilai ketuntasan minimal (KKM). Kemudian pada tindakan III juga mengalami peningkatan yang cukup signifikan menjadi sebanyak 16 orang atau sebesar 94,12% telah mencapai nilai ketuntasan minimal (KKM). Jadi model pembelajaran treffinger berperan untuk mendorong siswa belajar kreatif yang dapat mengembangkan kreativitas dengan melibatkan kemampuan afektif dan kognitif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Nov 2016 12:14
Last Modified: 06 Nov 2016 12:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8722

Actions (login required)

View Item View Item