Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN IMPROVE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI SELF EFFICACY SISWA

SELVI GUSTINA, - (2025) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN IMPROVE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI SELF EFFICACY SISWA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SELVI GUSTINA.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Selvi Gustina : Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran IMPROVE Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Self Efficacy Siswa Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh model pembelajaran IMPROVE terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari self efficacy. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Factorial Ekperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMAN 2 Kampar Timur dengan sampel penelitian kelas X.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.2 sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes kemampuan pemecahan masalah, lembar angket self efficacy, serta lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Analisis data yang digunakan yaitu uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang menggunakan model pembelajaran IMPROVE dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. 2) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang memiliki self efficacy tinggi, sedang, dan rendah. 3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran IMPROVE dengan self efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Dengan demikian, secara umum dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran IMPROVE berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari self efficacy siswa SMAN 2 Kampar Timur. Kata Kunci: Model Pembelajaran IMPROVE, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Self Efficacy.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDEPI FITRIANI, -2023088901depi.fitriani@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 06 Feb 2025 07:26
Last Modified: 06 Feb 2025 07:26
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/87214

Actions (login required)

View Item View Item