SELVI GUSTINA, - (2025) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN IMPROVE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI SELF EFFICACY SISWA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
SKRIPSI SELVI GUSTINA.pdf Download (10MB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Selvi Gustina : Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran IMPROVE Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Self Efficacy Siswa Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh model pembelajaran IMPROVE terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari self efficacy. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Factorial Ekperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMAN 2 Kampar Timur dengan sampel penelitian kelas X.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.2 sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes kemampuan pemecahan masalah, lembar angket self efficacy, serta lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Analisis data yang digunakan yaitu uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang menggunakan model pembelajaran IMPROVE dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. 2) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang memiliki self efficacy tinggi, sedang, dan rendah. 3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran IMPROVE dengan self efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Dengan demikian, secara umum dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran IMPROVE berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari self efficacy siswa SMAN 2 Kampar Timur. Kata Kunci: Model Pembelajaran IMPROVE, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Self Efficacy.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 06 Feb 2025 07:26 | ||||||||
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:26 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/87214 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |